Pohon Akar Raksasa, Tempat Wisata Di Lamongan Yang Unik

Anda Suka? Klik atau Bagikan

     Pohon Akar Raksasa, Tempat Wisata Di Lamongan Yang Unik

Pohon Akar Raksasa. Sepertinya tak ada habisnya tempat wisata di Lamongan, setelah Lamongan dikenal luas dengan wisata bahari lamongan (WBL), kemudian ada juga wisata kolam renang berpayung, dan wisata taman Kendal serta tempat baru lainnua. Kini Lamongan sedang dihebohkan wisata baru yang unik, yaitu pohon akar raksasa di Lamongan.

Nah, apa yang unik dari wisata pohon akar raksasa? Saya akan jelaskan di tulisan kali ini.

Alhamdulillah saya sudah berkesempatan datang ke sana beberapa hari yang lalu, awalnnya saya belum tahu tentang wisata baru ini. Malah yang tahunya dari orang lain.

BACA JUGA: Tempat Wisata Jogja Cocok Untuk Keluarga dan Anak Muda

Lanjut ceritanya yuk, hari minggu lalu dengan dipandu bapak, saya datang ke sana. Perjalanan yang lumayan jauh karena sebelumnya kami mampir dulu di rumah saudara untuk silaturahim.

Pohon Trinil ( Pohon Akar Raksasa)
Pohon Trinil ( Pohon Akar Raksasa)

Setelah dari Paciran, kami lanjut ke tempat wisata pohon akar raksasa ini. Yakni menuju desa Widhe, Sendang Harjo Kecamatan Brondong Lamongan. Desa ini memang tidak asing bagi saya, karena saya memiliki sahabat sejak SMA di sini dan saya sering datang ke rumahnya. Jadi makin penasaran saja, dimana sich tempatnya? Kenapa ngak dari dulu aja ada sehingga kita bisa nikmati bersama teman teman SMA dulu.

BACA JUGA :

Akhirnya tiba juga di tempat itu, dan apa yang saya lihat tidak ada dalam fikiran saya sebelumnya. Ternyata pengunjung sudah membludak, parkiran mobil dan sepeda sudah penuh. ( wow Amazing).

Karena rasa penasaran makin memuncak, saya langsung menuju ke tempat pohon itu, tak lama setelah menaiki beberapa tanjakan tanah kami sampai di pohon akar raksasa itu dan subhanallah ini memang pohon unik, selama ini saya belum pernah menemui pohon seperti ini, pohon yang hampir seluruhnya seperti akar, walaupun batang tetapi terlihat seperti akar yang membelit dari bawah sampai atas. ( sekilas seperti rotan)

Pohon Apakah Itu?

Pohon akar raksasa itu namanya adalah POHON TRINIL, pohon ini memang banyak di temui didaerah ini, biasanya digunakan masyarakat untuk mengikat hasil kebun. Tetapi khusus yang pohon ini memiliki ukuran yang besar dan melilit bagian pohon itu sehingga membentuk seperti akar.

Penemu Pohon Akar Raksasa Widhe

Dari informasi yang saya terima, jika awalnya pohon trinil raksasa ini ditemukan salah satu pemuda yang sedang mencari burung yaitu saudara Ali Rahman( tempat pohon ini kebetulan dikawasan perhutani, jadi agak lebat pepohonannya). Tapi ada versi lain yang menyebutkan seseorang yang menemukan pohon ini ketika akan mencari lokasi outbond dan kemah. ( Ngak tahu mana yang benar hehe).

Nah, saat Ali menemukan pohon itu, dia kemudian mengabadikan dalam ponselnya kemudian diunggah di medsos. Tak disangka tenyata respon masyarakat sangat besar sehingga makin banyak pengunjungnya sampai sekarang ini. Lokasi pohon trinil ini berada di Kawasan Perhutani RPH Lembor BKPH Jompong KPH Tuban.

Setelah saya berkeliling ternyata pohon trinil banyak ditemui ditempat ini dan memiliki bentuk yang beda-beda. Namun, ukurannya lebih kecil dibanding dengan pohon raksasa utama tadi. Berikut pohon trinil lainnya yang bisa dibuat selfie.

 

Apa Yang Ada Di Tempat Ini Selain Pohon Trinil ?

Selain pohon akar raksasa itu, kita jika bisa menikmati tempat berfoto yang keren dengan modifikasi/ model/ bentuk pohon trinil lainnya. Tak hanya itu, Karena ide pemuda yang kreatif daerah setempat serta bekerjasama dengan perhutani, mereka membuat beberapa tulisan yang gaul sehingga cocok untuk dibuat foto. (serbu…..wahai para alay-alay).

Tak hanya itu, ditempat ini juga ada goa tak jauh dari tempat pohon trinil raksasa itu. Menurut penjual yang saya tanya, goa tersebut bernama goa bolet. Goa tersebut konon katanya sebagai tempat persembunyian tentara Jepang dan Belanda pada masa penjajahan dulu, yang tujuannya untuk mengintai kondisi daerah sekitar.

Lalu bagaimana bentuk goanya? Mohon maaf saya belum bisa memberikan gambaran, karena saat saya akan naik cuaca tidak mendukung. Mendung mulai menyelimuti sehingga kami memutuskan untuk segera turun kembali dan pulang. Tetapi saya sempat memfoto tangga yang menuju ke goa tersebut (hehehe, ngak apa-apakan kalau hanya tangganya saja).

Tangga menuju Goa Bolet Widhe Sendang Harjo
Tangga menuju Goa Bolet Widhe Sendang Harjo

Katanya sich diatas goa ada batu besar dan jika diatas tersebut akan dapat melihat pemandangan indah di bawah. Tak hanya itu, untuk masalah isi perut jangan kwatir. Banyak penjual yang ada di sana yang siap mengisi perut yang kosong karena kecapekkan muter, naik dan berfoto hahahaha. Ada jagung godog, ote ote, tempe dan pelas apalagi masih anget anget…wow mantep. (saya sekali makan saja langsung menghabiskan 3 ote-ote dan 1 pelas haha)

Tarif Masuk Pohon Trinil
Tarif Wisata Trinil Widhe
Tarif Wisata Trinil Widhe

Saat saya mengunjungi kemarin, tarif sepeda motor cukup membayar 2.000 rupiah. Sedangkan untuk mobil sekitar 5.000 rupiah. Sedangkan untuk masuk area dikenakan 3.000 tiap orangnya. Cukup murah kan?

Wahana Tambahan Lainnya

Selain menikmati keindahan alam pohon trinil dan goa bolet, kita juga bisa memanfaatkan dan mencoba menaiki kuda. Tak usah kwatir jika kudanya lari karena akan didampingi oleh sang ahli saat jalan mengelilingi daerah sekitar lokasi.

Bermain kuda di tempat wisata pohon akar lamongan
Bermain kuda di tempat wisata pohon akar lamongan

Itulah kawan, share pengalaman saya mengunjungi pohon akar raksasa di daerah Lamongan. Jika Anda berminat silahkan datang ke sana. Arah menuju lokasi pohon trinil jika dari arah Tuban, silahkan nanti tanyakan perempatan PAMBON ( Belok Kanan), setelah itu jalan lurus / ikuti jalan maka akan bertemu lokasinya tersebut. Jika masih binggung bisa bertanya pada warga sekitar.

Untuk Anda yang dari arah Surabaya/ Paciran, silahkan cari perempatan PAMBON ( Kiri jalan) dan belok kiri kemudian lanjutkan perjalan mengikuti jalan tersebut.

Foto Lainnya Di Wisata Akar Raksasa / Trinil:

12 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *