Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

  • 3 min read
  • Apr 14, 2022
contoh surat pernyataan kesanggupan

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Sebelum kita membahas Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan mari kita mengenal pengertian, tujuan dari surat penyataan kesanggupan.

Pengertian Surat Pernyataan Kesanggupan

Surat pernyataan kesanggupan adaalah surat pernyataan yang menunjukkan kesediaan seseorang atau kelompok dalam menjalankan atau memenuhi hal-hal tertentu yang sudah disepakati. Surat ini sudah sering digunakan sebagai surat yang sah untuk menyatakan kesanggupan. Secara luas, contoh surat pernyataan kesanggupan ini digunakan untuk menyatakan kesanggupan antara lain untuk membayar hutang, ikatan dinas, tidak menggunakan narkotika dan lain sebagainya.
Format dalam menulis surat pernyataan kesanggupan dibuat secara formal. Yakni menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa lain sesuai kebutuhan dengan baik dan benar. Selain itu, dalam menulis surat pernyataan kesanggupan, harus diisi data pribadi seseorang yang menyatakan kesanggupan. Untuk memberikan jaminan legalitas, biasanya surat pernyataan kesanggupan dibubuhi materai Rp10. 000 dan tanda tangan yang bersangkutan.

contoh surat pernyataan kesanggupan
contoh surat pernyataan kesanggupan

Tujuan Surat Pernyataan Kesanggupan

  •  Untuk Kebutuhan Sehari-hari

melamar pekerjaan, pembayaran hutang, penjaminan benda tertentu

  • Untuk Kebutuhan Dinas

surat penempatan kerja, ikatan dinas.

  • Untuk Keperluan Lembaga

surat pernyataan belum menikah, surat pernyataan keluarga miskin

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

a. Surat Pernyataan Kesanggupan CPNS

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN CPNS

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :
Tempat/Tgl Lahir :
NIK :
Jenis Kelamin :
Agama :
Alamat :

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya :
1. Tidak sedang hamil dan sanggup tidak mengambil cuti sebelum 1 (satu) tahun sejak SPMT sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil ;
2. Tidak sedang menjalani internship/pendidikan/wajib kerja atau hal-hal lain yang menyebabkan tidak dapat bekerja ketika lulus seleksi dan diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil ;
3. Sanggup tidak mengajukan permohonan tugas belajar PPDS sebelum 5 (lima) tahun dihitung sejak TMT sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dan setelah 5 (lima) tahun dapat mengajukan permohonan tugas belajar PPDS apabila ada formasi kebutuhan yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah ;
4. Sesuai dengan Peraturan yang berlaku, sanggup untuk tidak diusulkan dalam pemberkasan NIP CPNS apabila setelah dinyatakan lulus seleksi, ijazah yang dimiliki tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan dalam rincian persetujuan formasi ataupun dalam pengumuman penerimaan CPNS baik kualifikasi maupun jenjang pendidikan ;
5. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan test CPNS sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) yang disetorkan ke Kas Daerah Pemerintah Kabupaten Bekasi, apabila mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus seleksi CPNS atau mengajukan pindah dari Pemerintah Kota Medan sebelum 5 (lima) tahun sejak diangkat sebagai CPNS.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya
pemaksaan dari pihak manapun.

Nama tempat, tanggal
Yang Menyatakan,

Nama terang dan tanda tangan.

b. Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Hutang

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MEMBAYAR HUTANG

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
NIK :
Alamat :
Menyatakan kepada.
Nama :
NIK :
Alamat :
Bahwa saya bersedia melunasi kekurangan utang kepada Bapak/Ibu (……..) yang identitasnya disebutkan di atas. Adapun utang yang harus saya lunasi sebesar (Nominal hutan) (Pembacaan Nominal) dan saya bersedia untuk melunasi utang tersebut selambat-lambatnya pada tanggal (Tanggal, Bulan, Tahun). Apabila sampai di tanggal tersebut saya tidak bisa melunasi hutang, maka saya bersedia dilaporkan kepada pihak berwajib dan dituntut di muka pengadilan.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar tanpa paksaan pihak manapun.

(Nama Tempat),
Saya yang menyatakan,

(Tanda tangan dan materai)
Nama terang

c. Surat Pernyataan Tidak Menikah

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
NIK :
NIP :
Tempat/Tgl Lahir :
Alamat :
Dengan ini menyatakan bahwa selama proses (jenis pekerjaan) selama (durasi perjanjian kerja), saya menyatakan sanggup untuk memenuhi syarat–syarat tersebut, termasuk kesanggupan untuk tidak menikah selama menjalani masa orientasi.
Demikian surat pernyataan ini dibuat dan ditandatangani dengan kesadaran penuh dan tanpa paksaan pihak manapun. Apabila di kemudian hari, saya tidak menunaikan kewajiban tersebut, maka saya bersedia untuk diberhentikan dari proses orientasi tersebut.

(Nama Tempat),
Yang Membuat Pernyataan,

(Tanda tangan dan materai)
Nama terang

d. Surat Pernyataan Mentaati Peraturan

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Tempat/Tanggal Lahir :
Agama :
Nama orang tua :
Perguruan tinggi :
Fakultas :
Jurusan :
Nomor induk mahasiswa :
Alamat :
Dengan ini saya menyatakan bersedia untuk dicatat sebagai penerima biaya bantuan beasiswa dari (Nama Instansi) dengan ketentuan sanggup memenuhi persyaratan dan menaati aturan dan tata tertib yang telah ditetapkan oleh (Nama Instansi).
Demikian surat pernyataan ini saya buat. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

(Nama Tempat),
Yang Membuat Pernyataan,

(Tanda tangan dan materai)
Nama terang

e. Surat Pernyataan Ikatan Dinas

SURAT PERNYATAAN BERSEDIA MENGIKUTI IKATAN DINAS

Yang bertanda tangan di bawah ini.
Nama :
NIK :
Tempat/Tgl Lahir :
Agama :
Alamat :
Menyatakan sebenar-benarnya bahwa saya bersedia mengikuti kerja ikatan dinas selama waktu yang sudah ditentukan, yaitu (Periode Dinas).
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguh-sungguhnya tanpa paksaan atau intervensi dari siapa pun. Apabila suatu hari pernyataan ini tidak benar, maka saya siap dituntut sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku.

(Nama Tempat),
Yang Membuat Pernyataan,

(Tanda tangan dan materai)
Nama terang

Demikian artikel Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan semoga bermanfaat.
Sumber artikel: www.rumah.com/