Hit enter after type your search item

600an Guru Mengenal Fitur Rumah Belajar “GRATIS”

/
/
/
304 Views

600an Guru Mengenal Fitur Rumah Belajar “GRATIS”

fitur rumah belajar. Layanan bimbingan belajar (bimbel) online memang sangat cocok buat kamu yang ingin belajar tambahan di luar sekolah dan lebih leluasa menggunakannya. Namun dari sekian banyaknya layanan bimbel online yang ada, mayoritas di antaranya masih berbayar alias tidak gratis.

Nah, tahukah kamu kalau tenyata ada layanan bimbel online yang tidak berbayar alias gratis? Yup, layanan itu bernama Rumah Belajar yang diinisiai dan dikelola oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sejak 2011. Wow ternyata sudah lama juga.

fitur rumah belajar
Fitur Rumah Belajar

Di Rumah Belajar, siswa PAUD hingga SMA/K, dapat memanfaatkan delapan fitur utama sebagai media pembelajaran. Fitur tersebut di antaranya Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya.

Lalu apa saja fitur utama Rumah Belajar?

Apakah Anda sudah pernah mengunjungi sebuah web (laman) pembelajaran? Menu atau konten apa saja yang terdapat di web pembelajaran yang pernah Anda kunjungi? Portal Rumah Belajar merupakan salah satu laman pembelajaran yang di dalamnya terdapat beragam konten dan aktivitas pembelajaran. (Tulisan menarik lainnya : Apa itu Rumah Belajar?)

Rumah Belajar dapat diakses melalui alamat http://belajar.kemdikbud.go.id. Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mengenal fitur-fitur utama yang terdapat di Rumah Belajar.

1. Sumber Belajar

Dari 8 (delapan) fitur utama Rumah Belajar, hanya fitur SUMBER BELAJAR yang tidak memerlukan login akun pengguna. Anda dapat mengunduh konten dari Sumber Belajar tanpa harus login terlebih dahulu. Fitur ini berisi tentang materi dari jenjang PAUD sampai SMA/SMK/MA. ( Bimbingan on line gratis, Di S1N1 )

2. Bank Soal

Bank soal digunakan untuk melakukan evaluasi seperti lathan, ulangan, atau ujian. Guru dapat membuat soal sendiri sesuai topik dan jenis evaluasi yang diinginkan. Beberapa langkah yang harus dilakukan guru untuk membuat evaluasi.

3. Lab Maya

Anda dapat merancang aktivitas belajar siswa untuk melakukan praktikum baik secara mandiri maupun kelompok sehingga tidak perlu datang laboratorium sekolah apalagi jika sekolah tidak memiliki lab maka lab maya ini bisa sebagai solusi.

4. Peta Budaya

Peta budaya merupakan fitur yang berisi penjelasan sejarah, seni dan budaya, serta tradisi di setiap propinsi di Indonesia. Guna memudahkan siswa mempelajari budaya Indonesia, tersedia pula game “Next Doorland”. Game ini dikembangkan untuk

memudahkan dalam mengenal kebudayaan yang ada di Indonesia dan Australia, dan sudah tersedia dalam versi android.

5. Wahana Jelajah Angkasa

Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari system tata surya dan benda-benda ruang angkasa yaitu melalui fitur Wahana Jelajah Angkasa di Rumah Belajar

6. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan PKB

Fitur PKB dapat Anda manfaatkan ketika mengikuti pelatihan secara daring. Anda hanya perlu masuk dan mencari jenis pelatihan yang tersedia, kemudian mendaftar pada kelas pelatihan tersebut. Selanjutnya Anda menunggu verifikasi dari

penyelenggara pelatihan agar dapat mengikuti aktivitas belajar secara daring.

7. Kelas Maya

Kelas Maya di Rumah Belajar merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran online (daring) antara peserta didik dan pendidik kapan saja dan di mana saja. Pada waktu tertentu yang terjadwal oleh pendidik, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran virtual dengan pendidik melalui tool komunikasi sinkronous (chat, video conference,audio conference, desktop sharing, whiteboard). Strategi pembelajaran di Kelas Maya yaitu strategi pembelajaran lebih bersifat konstruktivistik yang menuntut pembelajpembelajaran aktif dan berpusat pada peserta didik untuk mendorong keterampilan peserta didik.

Kelas Maya ini merupakan sarana pembelajaran online bagi peserta didik dan pendidik belajar kapan saja, dimana saja, dengan siapa saja. Jadi model pembelajaran kelas maya yang dimaksudkan dalam rancangan ini yaitu suatu pembelajaran dalam jaringan (online) dengan menggunakan teknologi pembelajaran (Rumah Belajar) untuk merancang, menyampaikan, dan mengatur pembelajaran formal dan informal serta berbagi pengetahuan kapan saja, siapa saja dan dimana saja.

8. Buku BSE

Fitur Buku Sekolah Elektronik, berisi buku-buku pelajaran digital yang dapat diunduh oleh siswa dan guru.

600 an Guru Kenalan Dengan Fitur Rumah Belajar

Alhamdulillah, sekitar 600an guru Bojonegoro yang tergabung dalam PGRI Kabupaten Bojonegoro telah berkenalan dan mengetahui 8 fitur Rumah Belajar. Pada Hari Sabtu, Tanggal 10 Agustus 2019, kegiatan sosialisasi fitur rumah belajar diikuti oleh para guru tersebut. Bertepatan dengan agenda workshop “Talents Mapping” teman-teman PGRI. Kegiatan tersebut dilakukan di MCM Hotel Bojonegoro.

Pemaparan fitur rumah belajar pada PGRI Bojonegoro

Terima kasih kepada Bapak Ali Fatkhin yang telah memberi waktu untuk sosialisasi Rumah Belajar. Kemudian tak lupa pada Bapak Ajun dan Bapak Gunawan yang telah membantu selama proses kegiatan berlangsung.

Semoga rumah belajar ini bisa membantu teman-teman seperjuangan dalam mengemban amanah mencerdaskan anak bangsa dan mencetak generasi pemimpin yang akan datang.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar