Hit enter after type your search item

VCT Batch 3 Indonesia 18 JATIM 2: Awalnya Biasa, Selanjutnya….

/
/
/
176 Views

VCT Batch 3 Indonesia 18 JATIM 2: Awalnya Biasa, Selanjutnya….??

Bulan lalu saya mendapatkan link pendaftaran pelatihan ini melalui salah satu group whatshap yang saya miliki. Group pertama saya lewati dan saya belum punya keinginan untuk mengkliknya. Kemudian, beberapa hari lagi dalam group lainnya ada yang kembali share link pendaftaran tersebut. Lalu, bagaimana dengan respon saya?. Ah, ternyata sama saja belum begitu tertarik untuk mengklik tautan itu. Beberapa hari kemudian lagi, saya mendapatkan pesan khusus dari seseorang yang menurut saya beliau adalah orang yang memahami dunia pendidikan dan pastinya beliau mengetahui jika saya suka tentang sesuatu yang berbau IT. Segera saya buka, eh ternyata yang dikirimkan pada saya link yang saya temui di beberapa group whatshap sebelumnya.

Tapi, ada yang berbeda di kesempatan ini. Dalam hati saya berkata, “ Mengapa sih banyak yang share link ini? Apa nilai plusnya dibanding pelatihan lain? Dan apa manfaatnya?”. Tak selang lama berfikir, jari ini langsung mengklik tautan itu. Mulai saya diminta mengisi biodata, asal sekolah serta menjawab beberapa pertanyaan. Antara lain :

a. Apakah pernah jadi peserta?

b. Apakah pernah jadi moderator?

c. Apakah pernah jadi presenter ? dll

Dan perlu kawan-kawan tahu, semua jawaban dari pertanyaan itu dari saya adalah BELUM. ( ya memang karena baru tahu ini pertama kali, hehehe).

Singkat cerita, tiba-tiba nomor WA saya dimasukkan dalam sebuah group yang lumayan besar (anggota sekitar 200 an) namanya “ VC 18 Indonesia JATIM 2 “ dan di sanalah penjelajahan di mulai. Oh ternyata group itu adalah kelanjutan dari pendaftaran yang saya lakukan beberapa minggu yang lalu. Di group itu dipandu oleh beberapa mentor yang sebelumnya sudah berpengalaman.

Dalam group tersebut, awalnya masih berupa perkenalan satu sama lain peserta dan pastinya koordinator juga memperkenalkan diri yang dilanjutkan pada kegiatan pertama kali dari pihak Seameo memperkenalkan diri tentang apa sebenarnya tujuannya, kemudian apa yang di dapat jika mengikuti ini dan apa saja tugasnya nanti. ( wah, mulai penasaran ini).

VCT Batch 3 Indonesia 18 JATIM 2
VCT Batch 3 Indonesia 18 JATIM 2

Pelatihan Seameo seamolec 2019

Tibalah hari pertama di mulai, kami diminta untuk mengikuti pelatihan pertama kali itu melalui on line dengan mengunakan aplikasi atau situs webex.com (baru pertama kali ini saya dengar). Jujur saya masih binggung dan meraba-raba apa yang saya lakukan nanti ya. Ah, ternyata tidak yang seperti saya bayangkan, semuanya berbeda. Sangat mudah sekali masuk ke sana, tinggal masukkan number meeting dan password lalu taraaaa kita sudah bisa masuk.

Jangan kwatir, bagaimana jika belum bisa masuk? Di group sudah ada kok bagaimana solusinya jika mau masuk menggunakan handphone ataupun PC. Bahkan jika mengalami kesulitan koordinator akan membantu kita. ( luar biasa bukan).

Yes, lanjut apa yang terjadi dipertemuan pertama itu. Awal pertemuan pertama di room itu masih banyak pertanyaan yang ada dalam benak saya, namun sedikit banyak pertanyaan itu mulai tercerahkan karena di pertemuan itu saya mulai mengetahui apa nilai positif bagi kita, manfaatnya untuk sekitar dan pastinya untuk menjalin silaturahim dengan guru yang lainnya.

Tugas pelatihan Seameo seamolec di VCT Batch 3 Indonesia 18 JATIM 2

Setelah pertemuan pertama terlewati, didapatkan bahwa untuk dinyatakan lulus sebagai peserta dan mendapatkan sertifikat ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam kurun waktu sekitar 2 mingguan, antara lain :

a. 2 kali menjadi presenter ( penyaji materi)

Materi yang diberikan bisa mengenai pendidikan ataupun yang bertema lain asalkan masih bermanfaat.

b. 2 kali menjadi moderator

Menjadi pengatur diskusi dan penyampaian online antara penyaji dan peserta on line.

c. 2 kali menjadi host

Yang bertanggung jawab atas jalannya sesi itu dan sekaligus merekam video tersebut serta membuat absensi

Oh iya, di pertemuan pertama sudah disimulasikan bagaimana caranya sebagai presenter, moderator dan host jadi jangan kwatir dan takut.

Aku Takut

Ini bukan judul lagu Band Republik “ Aku takut”, tapi ini ini tentang perasaanku ( cie cie). Walaupun dipertemuan pertama sudah tercerahkan tapi entah mengapa hati ini masih ada rasa takut untuk memulai padahal dalam sehari hanya ada 10 sesi dan saya harus 6 kali tampil. (oh no).

Mungkin sekitar 5 hari sudah berlalu sesi itu, teman-teman sudah mulai ada yang berani untuk tampil baik sebagai presenter ataupun lainnya. Entah mengapa saya tak berani padahal biasanya saya tidak begitu grogi jika bertemu orang banyak, tapi untuk kali ini beda ya ( hehehe), itu semua karena ini yang pertama.

Oke, kumantapkan hati ini, sudah ada materi dalam otak tinggal membuat slide tapi masih aja males. Ah, setan ini masih aja memberatkan jariku untuk mengetik dan kupaksakan saja mendaftar dan mengisi sesi di group agar hati ini tergerak, masak uda ngisi tapi melarikan diri ( gengisi sekali lah…., tapi sebenarnya agak kepaksa sich).

Tibalah hari itu saya sebagai presenter dan rasanya dag dig dug, kurang percaya diri dan takut kenapa-kenapa di tengah jalan. Dan benar saja tampilan slide saya ngadat (ampunnn). Ditambah lagi tragedy video rekaman yang tidak ada suaranya (pingin nagis rasanya tapi ngak bisa keluar air matanya). Tapi untung saja bisa teratasi sampai akhir. Alhamdulillah.

Semenjak sudah merasakan jadi presenter entah mengapa hati ini plong dan ada perbedaan dalam hati saya, rasa yang dulu binggung kini semakin berbeda dan berganti menjadi semangat untuk mencoba lagi.

Baca Juga : Alasan saya menjadi blogger

Oke, selanjutnya saya mencoba sebagai moderator selama dua hari dan makin ketagihan hati ini. Akhirnya agar tugas selesai suatu hari saya langsung bertugas selama 3 kali, yakni sebagai pemateri, dan host dua kali. Taraaaaaa, akhirnya selesai juga tugas saya di kesempatan kali. Rasanya senang dan masih sedikit penasaran karena dalam waktu itu masih banyak kekurangan yang saya rasakan.

Sepertinya jika saya tuliskan tidak akan cukup baterai laptop saya ini. Saya langsung simpulkan sajalah. Ada beberapa catatan yang perlu saya sampaikan, bahwa mengikuti program VCT Batch 3 Indonesia 18 JATIM 2 ini sangat mengasyikan, ada banyak hal yang saya dapatkan :

1. Menambah banyak teman

2. Berkumpul dengan teman seprofesi yang memiliki semangat luar biasa

3. Belajar materi yang belum kita ketahui sebelumnya

4. Dapat meningkatkan kemampuan IT kita

5. Dan yang bagi saya program ini dapat meningkatkan percaya diri.

Apakah hanya itu? Ah, tentu masih banyak yang lainnya, sulit saya ungkapkan dengan kata-kata.

Tips dan trik agar bisa lancar menyelesaikan tugas VCT Batch 3 Indonesia 18 JATIM 2

1. Percaya diri sesuai kemampuan

2. Siapkan internet yang lancar

3. Pilih waktu yang tepat untuk laksanakan tugas agar tidak terganggu aktivas lainnya.

Terakhir, saya ucapkan terima kasih pada bapak ibu mentor VC Indonesia 18 JATIM 2 yang sudah membantu saya dan teman-teman pastinya. Semoga diberi kesehatan dan selalu sukses. Aamiin.

Ikut VCT Batch 3 Indonesia 18 JATIM 2: Awalnya Biasa, Selanjutnya….??? LUAR BIASA

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar