Orang Yang Pertama Kali Menemukan Sel Mati Adalah

  • 2 min read
  • Oct 23, 2021
Orang Yang Pertama Kali Menemukan Sel Mati Adalah

Orang Yang Pertama Kali Menemukan Sel Mati Adalah

Pertanyaan :

orang yang pertama kali menemukan sel mati adalah

Jawaban :

orang yang pertama kali menemukan sel mati adalah Robert Hooke (18 Juli 1635 – 3 Maret 1703)

Pembahasan Soal:

Sel pertama kali diamati oleh Robert Hooke pada tahun 1665. Ia mengamati sayatan gabus dengan menggunakan mikroskop sederhana dan melihat adanya ruangan kecil yang berderet. Ruangan kecil merupakan sel yang telah mati dan kemudian dinamakan sel.

Info Tambahan :

Robert Hooke

Robert Hooke (18 Juli 1635 – 3 Maret 1703) adalah seorang penemu, ahli kimia dan matematika, arsitek, dan filsuf. Robert Hooke menemukan sel pertama kali yang ia amati menggunakan mikroskop.

Orang Yang Pertama Kali Menemukan Sel Mati Adalah
Orang Yang Pertama Kali Menemukan Sel Mati Adalah

Sel adalah kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup. Sel mampu melakukan semua aktivitas kehidupan dan sebagian besar reaksi kimia untuk mempertahankan kehidupan berlangsung di dalam sel.

Sejak kecil, Hooke belajar kepada ayahnya yang merupakan seorang kurator di museum Gereja All Saints. Hooke tidak leluasa untuk memilih tempat belajar dan akhirnya dia tertarik dengan seni. Ia kemudian dikirim ke London untuk belajar pada Peter Lely seorang pelukis. Ia kemudian berubah minat dan akhirnya mendaftarkan diri di sekolah Westminter untuk belajar karya-karya klasik dan matematika.

Kemudian ia belajar selama dua tahun di Universitas Oxford. Ia ditunjuk sebagai asisten Robert Boyle berkat rekomendasi Profesor Kimia Thomas Willis yang membimbing Hooke. Robert Hooke menghabiskan waktu dengan Boyle selama dua dekade dan menghasilkan kemajuan luar biasa pada bidang mesin.

Pada tahun 1665, Ia menemukan adanya ruang-ruang kosong yang dibatasi dinding tebal dalam pengamatannya, saat itu Robert Hooke mengamati sayatan gabus dari batang Quercus suber menggunakan mikroskop. Robert Hooke menyebut ruang ruang kosong tersebut dengan istilah cellulae artinya sel. Sel yang ditemukan Robert Hooke merupakan sel-sel gabus yang telah mati.

Hooke diterima sebagai anggota Curator Royal Society Pada tahun 1662. Tugas utamanya adalah mengusulkan dan membuat beberapa macam percobaan untuk diajukan pada pertemuan mingguan kelompok itu. Pada tahun 1664, Hooke menduduki posisi sebagai profesor bidang geometri pada Gresham Collage.

Pada tahun 1665 Hooke menerbitkan sebuat buku yang berjuudul Micrographia, sebuah buku yang menggambarkan pengamatan mikroskopis dan teleskopik, dan beberapa karya asli dalam biologi yang juga juga berisi sejumlah gambar yang indah dan tidak lazim dari seorang yang memiliki keahlian menggambar.

Hooke menderita penyakit diabetes yang menahun, kakinya meradang. Pada tahun 1702, ia mengalami kebutaan dan satu tahun berikutnya, tepatnya pada tanggal 3 Maret 1703 Robert Hooke meninggal dunia di Gresham College, London, Inggris.

|sumber: id.wikipedia.org dan http://malahayati.ac.id/