Hit enter after type your search item

Cara Membangun Karakter Antri

/
/
/
251 Views

Cara Membangun Karakter Antri

Cara Membangun Karakter Antri. Perilaku siswa akan dapat dibimbing kearah budaya mutu secara konsisten dan konsekuen. Perilaku mutu yang dilakukan secara terus menerus lama kelamaan akan menjadi habit (kebiasaan). Kebiasaan yang dilakukan oleh seluruh siswa dan warga sekolah akan menjadi budaya, dan bila budaya tersebut semakin kuat akan menjadi KARAKTER SEKOLAH. Membangun mutu dengan karakter yang sesuai, bisa dipastikan jauh lebih efektif dan efisien.

Cara Membangun Karakter Antri Di Lakukan Secara Istiqomah

membangun karakter antri
Budaya Antri Di Kantin

Seperti saat ini, siswa untuk membeli makanan dan minuman dikantin dibiasakan dengan antri, pembelian siswa dibedakan sesuai jalur mereka, jalur itu dibagi menjadi 6 ( Yakni jalur kelas 1, kelas 2, kelas 3 , kelas 4, kelas 5 dan kelas 6).

Untuk menjadikan kebiasaan ini memang sulit tetapi semuanya akan menjadi terbiasa dengan sendirinya. Banyak tantangan yang muncul saat aturan ini diberlakukan, salah satu pendapat siswa yang ditemui mengatakan “ Saya sekarang ngak bisa nyerobot, jadi makin lama saya mendapatan jajannya”. Disisi lain siswa ada yang berpendapat “ Lebih enak seperti ini, saya tidak perlu dorong-dorongan”, itulah beberapa testimoni kegiatan membangun karakter antri.

Dalam penerapan sistem ini pada awalnya diperlukan usaha yang keras karena siswa belum terbiasa, sehingga masih ada siswa yang belum mau antri. Penenaman ini akan berhasil jika siswa diingatkan dan dilakukan berkali-kali.

Sesuatu yang baik tidak mudah dilakukan seperti membalik tangan tapi begitu berat.

BACA JUGA : 3 MACAM TIPE ORANG TUA, ANDA YANG MANA?

budaya antri (1)
Antri Di Kantin Sesuai Kelas Nya

Cara Membangun Karakter Antri Di Lakukan Seluruh Anggota Sekolah

Semua aturan pasti ada yang merespon positif dan negatif termasuk anak-anak ini tapi kita yakin mereka akan mendapatkan manfaat dimasa yang akan datang. Pembiasaan membangun karakter antri berjalan lancar karena kerjasama dengan banyak pihak. Antara lain Kepala sekolah (Ustazah cebeng), Pegawai kantin ( Mbak Rum dan Mbak Nurul), Wali kelas 1-6, guru mata pelajaran, guru mengaji, guru penjas, tim kebersihan yang telah ikut membantu dan tim keamanan yang ikut mendisiplinkannya.

Merekalah pejuang pejuang yang tidak lelah membimbing anak didik di SD Muhammadiyah. Semoga mereka tetap selalu istiqomah dalam penerapan karakter ini. Hebat….

makan duduk (1)
Budaya Makan Sambil Duduk

Manfaat Antri Bagi Siswa

  1. Siswa akan belajar sabar
  2. Siswa akan menghargai orang lain
  3. Siswa belajar berbagi tempat
  4. Siswa menghormati aturan

 

2 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar