3 Macam Tipe Orang Tua, Anda yang Mana?

Anda Suka? Klik atau Bagikan

3 Macam Tipe Orang Tua, Anda yang Mana?

3 Macam Tipe Orang Tua
3 Macam Tipe Orang Tua

Pada hari Sabtu tanggal 13 Mei 2017 lalu saya mengikuti acara parenting yang bertema “Menjadi Orang Tua di Era Teknologi”, dan salah satu materi yang dibahas adalah 3 Macam Tipe Orang Tua, Kita termasuk tipe yang mana?.
Parenting yang diadakan oleh SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro ini diikuti oleh sekitar 300 an orang tua serta selaku trainer yang menyampaikan adalah Kak Okta. Eit jangan bilang kak Okta itu cewek ya, karena Kak Okta itu cowok loh hehehe.
Langsung capcus saja dengan salah satu materi yang disampaikan yang menurut saya ini yang paling menancap dalam sanubari ku. Yaitu tentang tipe atai golongan orang tua berdasarkan sikap yang ia perlakukan kepada sang buah hati.

3 Macam Tipe Orang Tua

1. Orang Tua Tipe loundry

Kenapa Loundry? Yup ,kita deskripsikan satu satu.
Loundry adalah tempat cuci pakaian yang kotor.
Loundry adalah tempat orang datang mengirim pakaian kotor yang memiliki tarif tertentu.
Loundry adalah tempat yang diharapkan orang untuk membersihkan pakaiannya dan setelah bersih dia akan mengambilnya.
Nah, lalu apa hubungannya dengan orang tua? Sangat berhubungan lah.
Orang tua tipe ini yang niatan menyekolahkan anaknua hanya unyuk menitipkan anaknya yang belum bisa dan berharap menjadi bisa, mau membayar berapapun asal anaknya baik namun orang tua susah bekerjasama dengan sekolah. Karena tipe orang tua ini hanya pasrah total “pasrah bongkokan”.
Contohnya: Sekolah mengajarkan disiplin tetapi di rumah didik santai tanpa aturan dll

BACA JUGA : 8 Tips Mudah Mengatasi Anak Malas Sekolah Dan Susah Belajar Tanpa Membuat Anak Tertekan

2. Orang Tua Tipe Mercusuar

Mercusuar adalah sebuah bangunan yang tinggi, kuat di tengah laut, berjasa bagi kapal di sekitarnya saat kegelapan.
Tipe orang tua seperti ini memiliki sifat yang selalu menomor satukan anaknya, mulai dari fasilitas dan perlakuan. Orang tua akan melakukan apapun demi kebaikan anaknya namun sebenarnya itu dapat menjadikan anak kurang tumbuh dengan baik. Intinya orang tua ini dalam fikirannya ” anakku harus lebih enak dari pada hiduoku yang lalu”. Tapi pemikiran kurang tepat sepenuhnya? Mengapa? Karena itu dapat membuat anak tidak bisa kreatif dan bertanggung jawab. Contoh kecilnya saja :
Saat ada PR dari sekolah dan anak kesulitan atau malas mengerjakan, orang tua akan berusaha membantu anak mengerjakan dengan alasan dia tidak ingin anaknya dimarahi guru saat di sekolah nanti karena PR belum selesai. Padahal seharus ya orang tua membantu dengan batas normal dan memberikan pelajaran pada anak jika tidak mengerjakan PR dia akan mendapat konsekwensi logis dari gurunya.
Contih lain : Orang tua selalu memeningkan egonya dan memaksakan anaknya mengikuti keinginannya. Contoh memberikan les berbagai bidang dengan tujuan agar anaknya baik dan sukses tetapi disisi lain anaknya memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan bakatnya.
Anak yang orang tuanya tipe mercusuar akan memiliki sifat tertekan dan tergantung dengan orang tua. Karena semuanya diatur orang tuanya. Dia tidak akan bisa memutuskan sesuatu sendiri.

Parenting Orang tua
Parenting Orang tua

3. Orang Tua Tipe Air.

Sifat Air itu jika dimasukkan botol akan berbentuk botol, di tuangkan gelas akan berbentuk gelas.
Tipe orang tua ini yang selalu menempatkan atau membimbing anaknya sesuai dengan bakatnya masing-masing.
Jika waktunya disiplin orang tua akan kompak bersikap disiplin, jika waktunya membuat sebuah keputusan dia akan meminta pendapat anak anaknya.
Sehingga anaknya memiliki sifat yang terbuka, apapun diceritakan baik tentang kesalahan yang sudah di lakukan. Karena saat melakukan kesalahan dia akan ditanya orang tua penyebab dia melakukan kesalahan.
Intinya tipe orang tua ini bisa bersikap kuat dan bisa bersikap lembut, memberi pilihan tetapi diberi batasan, pengasuhan orang tua sejalan dengan sekolah, tidak menuntut sempurna tetapi menuntuk sekolah bertujuan sama.

Itulah 3 tipe orang tua sesuai yang saya dapatkan selama parenting.

Nah, bagaimana dengan Anda. Termasuk jenis tipe orang tua yang ke berapa?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *