Hit enter after type your search item

Ujian Praktek Bahasa Inggris SD MUDABO

/
/
/
387 Views

Ujian Praktek Bahasa Inggris – Di sekolah kami saat ulangan kenaikan kelas (UKK) selain melaksanakan ujian tulis juga melakukan ujian praktek, yang menjadi titik berat ujian praktek di sekolah kami adalah ujian praktek bahasa inggris dan ujian praktek Al – Islam. Ujian Bahasa Inggris meliputi beberapa aspek penilaian, antara lain dari kosa kata, grammar nya, keaktifan dan kepercayaan diri. Sedangkan praktek Al-islam yang diujikan adalah Wudhu, sholat, bacaan doa sehari-hari, hafalan surat, bacaan Al- Quran.

Ada yang menarik pada ujian praktek bahasa inggris kali ini, kebetulan saya di mendapat bagian tes di kelas 2 dan 4, saat masuk kelas 2 respon anak biasa saja karena anak usia kelas 2 belum begitu mengetahui tugas belajar/praktek yang sebenarnya. Saya tidak sendirian menguji di kelas 2 karena ditemani dengan bu Hetty Sundarweni, dan ujian kami mulai dengan memberi sedikit penjelasan pada anak-anak bahwa ujian ini harus dilakukan dengan percaya diri tanpa harus malu dan takut salah.

Ujian praktek bahasa inggris pun kita mulai, siswa satu persatu maju untuk tanya jawab dengan dialog yang simpel, perkenalan, tanya jawab tentang keluarga, hobby dan yang bersifat umum serta menyebutkan beberapa kosa kata yang ada dalam materi bahasa inggris yang di ajarkan. Siswa mengikuti dengan tertib, mereka dengan percaya diri maju namun ada 2 anak yang sepertinya masih malu-malu, suaranya lembut nyaris tak terdengar dan menjawab dengan ragu-ragu.

ujian praktek bahasa inggris (1) ujian praktek bahasa inggris (5)

Saat ujian praktek bahasa inggris di kelas 2 saya menemukan seorang siswa yang yang menurut saya dia adalah anak yang paling bagus hasilnya, dia menatap saya tanpa ragu, menjawab dengan cekatan, dan saya beri soal yang agak tinggi dari pertanyaan dasar dia juga bisa selesaikan, sungguh luar biasa bagi saya, ini anaknya.

ujian praktek bahasa inggris (4)
Ujian Praktek Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro

Terlepas dari hasil ujian praktek bahasa inggris , saya merasa malu dengan mereka karena saat saya seusia mereka (Usia sekolah Dasar) sama sekali saya tidak bisa, mentok saya hanya bisa mengetahui kosa kata yang umum (warna, nama hewan) sedangkan mereka sudah berani berbicara /dialog walaupun masih dalam percakapan yang sederhana.

Di ujian praktek bahasa inggris diharapkan siswa terbiasa untuk mengucapkan dan menjadi siswa yang percaya diri, kesalahan dalam pengucapan tidak masalah yang terpenting mereka sudah mencoba dan kami yakin saat dewasa mereka sudah terbiasa.

ujian praktek bahasa inggris (2) ujian praktek bahasa inggris (3)

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar