Taksonomi Bloom Revisi Anderson

  • 1 min read
  • Feb 23, 2023

Taksonomi Bloom Revisi Anderson

Taksonomi Bloom Revisi Anderson adalah pengembangan dari Taksonomi Bloom yang dilakukan oleh Lorin Anderson dan David Krathwohl pada tahun 2001. Revisi ini mengubah beberapa istilah dan urutan level kognitif dari Taksonomi Bloom asli, sehingga dikenal juga sebagai Taksonomi Bloom Revisi atau Taksonomi Bloom Anderson.

Berikut adalah urutan level kognitif pada Taksonomi Bloom Revisi Anderson, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi:

Taksonomi Bloom Revisi Anderson
Taksonomi Bloom Revisi Anderson

Berikut Taksonomi Bloom Revisi Anderson

  1. Mengingat (Remembering): Kemampuan mengingat atau mengulang kembali informasi atau fakta-fakta yang telah dipelajari sebelumnya.
  2. Memahami (Understanding): Kemampuan memahami makna atau arti dari informasi atau konsep yang telah dipelajari.
  3. Menerapkan (Applying): Kemampuan menerapkan atau menggunakan informasi yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah atau situasi baru.
  4. Menganalisis (Analyzing): Kemampuan memecah informasi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan menemukan hubungan antara informasi tersebut.
  5. Mengevaluasi (Evaluating): Kemampuan mengevaluasi atau menilai kualitas, nilai, atau signifikansi dari informasi atau konsep yang telah dipelajari.
  6. Mencipta (Creating): Kemampuan menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru dengan menggunakan informasi atau konsep yang telah dipelajari.

Pada revisi ini, istilah “mengingat” digunakan sebagai ganti dari “pengetahuan” pada Taksonomi Bloom asli, sedangkan istilah “pemahaman” digunakan sebagai ganti dari “pemahaman” atau “pengertian”. Selain itu, revisi ini juga memperlihatkan bahwa level kognitif yang lebih tinggi tidak hanya berada pada bagian akhir, tetapi juga terdapat di seluruh jenjang Taksonomi Bloom.