Perbedaan Manajemen Dan Manajer

  • 1 min read
  • Mar 06, 2023

Perbedaan Manajemen Dan Manajer

Manajemen dan manajer adalah dua konsep yang berbeda namun saling terkait dalam konteks bisnis dan organisasi. Berikut adalah perbedaan antara manajemen dan manajer:

Definisi

 Manajemen merujuk pada proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengarahan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi. Manajer adalah seseorang yang bertanggung jawab atas mengelola dan mengarahkan aktivitas operasional dalam organisasi.

Perbedaan Manajemen Dan Manajer
Perbedaan Manajemen Dan Manajer

Fokus

Manajemen fokus pada strategi dan taktik organisasi dalam mencapai tujuan jangka panjang. Sedangkan manajer fokus pada implementasi taktik dan operasional dalam mencapai tujuan jangka pendek.

Level

 Manajemen adalah fungsi organisasi yang mencakup semua tingkatan dalam organisasi, sedangkan manajer biasanya terletak pada tingkat manajerial yang lebih rendah atau menengah.

Waktu

Manajemen melibatkan perencanaan jangka panjang dan pengambilan keputusan. Sementara manajer fokus pada operasi sehari-hari dan memastikan tujuan jangka pendek tercapai.

Keterlibatan

Manajemen terlibat dalam pengambilan keputusan strategis dan merancang rencana jangka panjang. Sedangkan manajer terlibat dalam mengimplementasikan taktik yang telah dirancang dan mengawasi operasi sehari-hari.

Dalam ringkasnya, manajemen adalah fungsi organisasi yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengarahan sumber daya, sedangkan manajer adalah seseorang yang bertanggung jawab atas mengelola dan mengarahkan aktivitas operasional.

Itulah artikel perbedaan manajemen dan manajer semoga bermanfaat!