Pengertian, Sejarah Dan Kelebihan Kekurangan Teknologi Komunikasi

  • 3 min read
  • Mar 14, 2023

Pengertian, Sejarah Dan Kelebihan Kekurangan Teknologi Komunikasi

Sebelum membahas Pengertian, Sejarah Dan Kelebihan Kekurangan Teknologi Komunikasi secara lengkap mari kita bahas terlebih dahulu pengertian dan sejarah teknologi komunikasi.

Pengertian Teknologi Komunikasi

Teknologi Komunikasi (TK) adalah suatu bidang teknologi yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan, dan pemrosesan informasi melalui berbagai media dan perangkat elektronik. Dalam era digital saat ini, teknologi komunikasi telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia di mana hampir semua orang menggunakan teknologi ini untuk berkomunikasi, mencari informasi, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Pengertian, Sejarah Dan Kelebihan Kekurangan Teknologi Komunikasi
Pengertian, Sejarah Dan Kelebihan Kekurangan Teknologi Komunikasi

Sejarah Teknologi Komunikasi

Sejarah Teknologi Komunikasi dimulai pada zaman prasejarah, ketika manusia menggunakan bahasa isyarat, gambar, dan suara untuk berkomunikasi. Kemudian, perkembangan teknologi semakin memungkinkan manusia untuk berkomunikasi jarak jauh, seperti melalui surat, telepon, telegraf, radio, televisi, dan internet.

Perkembangan teknologi komunikasi modern dimulai pada tahun 1970-an ketika mulai ditemukan teknologi komputer, internet, dan teknologi telekomunikasi digital. Sejak itu, teknologi komunikasi terus berkembang pesat dengan ditemukannya berbagai perangkat baru seperti smartphone, tablet, dan wearable device yang semakin memudahkan manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia digital.

Namun, perkembangan teknologi komunikasi juga menghadirkan berbagai tantangan dan masalah, seperti isu privasi, keamanan, dan penyalahgunaan informasi yang semakin kompleks dan sulit diatasi. Oleh karena itu, diperlukan upaya terus-menerus untuk mengembangkan teknologi komunikasi yang lebih baik dan aman, serta mengedukasi masyarakat tentang penggunaannya yang bijak dan bertanggung jawab.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Komunikasi

Kelebihan Teknologi Komunikasi:

  1. Mempercepat komunikasi: Dengan teknologi komunikasi, kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dalam waktu yang relatif singkat. Pesan dan informasi dapat dikirim dan diterima dalam hitungan detik atau bahkan kurang dari itu.
  2. Mempermudah pekerjaan: Teknologi komunikasi memungkinkan kita untuk menghemat waktu dan upaya dalam menyelesaikan tugas-tugas. Misalnya, email dan aplikasi kolaborasi online memudahkan kita untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain di tempat yang berbeda secara real-time.
  3. Meningkatkan efisiensi: Teknologi komunikasi dapat membantu meningkatkan efisiensi dalam bisnis dan organisasi dengan menyediakan berbagai alat dan aplikasi untuk mengelola tugas, proyek, dan sumber daya.
  4. Menghemat biaya: Teknologi komunikasi juga dapat membantu mengurangi biaya operasional bisnis dan organisasi dengan mempercepat proses, mengurangi waktu downtime, dan memungkinkan kerja jarak jauh.
  5. Memperluas jangkauan: Teknologi komunikasi memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia dalam waktu yang relatif singkat. Ini dapat membuka peluang bisnis dan peluang kemitraan yang lebih besar.
  6. Mempercepat inovasi: Teknologi komunikasi memungkinkan orang-orang dari berbagai latar belakang dan lokasi untuk berkolaborasi dan berbagi gagasan dan informasi dengan cepat dan mudah, mempercepat proses inovasi dan pengembangan produk.
  7. Menyediakan akses informasi: Teknologi komunikasi memungkinkan kita untuk memiliki akses ke informasi dan pengetahuan di ujung jari kita, memberikan keuntungan bagi pendidikan, penelitian, dan pengembangan pribadi.
  8. Menyediakan dukungan sosial: Teknologi komunikasi memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang-orang yang berbagi minat dan nilai, memberikan dukungan sosial dan kesempatan untuk belajar dari orang lain.
  9. Memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik: Teknologi komunikasi dapat membantu meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dengan menyediakan data dan informasi yang akurat dan terbaru.
  10. Menyediakan aksesibilitas: Teknologi komunikasi dapat membantu memfasilitasi aksesibilitas bagi orang dengan kebutuhan khusus, seperti layanan teks dan video yang dapat diakses secara online.

Berikut adalah 10 kekurangan teknologi komunikasi:

  1. Dapat menyebabkan ketergantungan dan isolasi sosial karena penggunaan yang berlebihan.
  2. Dapat meningkatkan risiko kehilangan privasi dan keamanan data pribadi.
  3. Rentan terhadap serangan cyber dan kejahatan siber seperti hacking dan phishing.
  4. Dapat memunculkan kesenjangan digital karena akses terbatas pada teknologi komunikasi.
  5. Dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan seperti sakit kepala, mata, dan leher akibat penggunaan berlebihan.
  6. Dapat menyebabkan gangguan pada waktu tidur dan mengganggu produktivitas.
  7. Dapat menyebabkan keterbatasan dalam berkomunikasi secara verbal dan non-verbal secara efektif.
  8. Dapat mengarahkan penggunaan waktu yang berlebihan pada teknologi komunikasi dan mengurangi waktu untuk kegiatan fisik.
  9. Dapat menimbulkan risiko kecelakaan atau bahaya bagi pengguna yang menggunakan teknologi komunikasi saat berkendara atau melakukan kegiatan lain yang membutuhkan konsentrasi.
  10. Dapat menyebabkan penggunaan yang tidak etis dan merusak norma sosial.

Itulah artikel Pengertian, Sejarah Dan Kelebihan Kekurangan Teknologi Komunikasi semoga bermanfaat.