Manfaat Pembiasaan Mencuci Sendok Sendiri

Anda Suka? Klik atau Bagikan

Manfaat Pembiasaan Mencuci Sendok Sendiri.

Manfaat Pembiasaan Mencuci Sendok Sendiri. Lagi-lagi saya menulis tentang sesuatu mengenai sebuah pembiasaan dan pembiasaan yang dilakukan tidak terlalu besar sehingga bisa dikatakan pembiasaan yang sederhana bagi seorang dewasa tapi tidak untuk peserta didik kami Ini.

Pembiasaan kali yang kami terapkan di SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro adalah pembiasaan mencuci sendok sendiri setelah makan siang. Kebetulan di sekolah kami jam pelajaran sampai sore dengan adanya tambahan mengaji, hafalan, ektrakurikuler, club dan komputer. Jadwal yang lumayan padat membuat anak-anak harus menghabiskan waktu makan siang di sekolah setiap harinya (Kecuali hari jum’at dan sabtu).

Makan siang menjadi rutinitas siang hari bagi anak kami selain melaksanakan sholat dhuhur berjamaah, pada tahun pelajaran ini ada yang berbeda dibanding tahun pelajaran lalu ketika makan siang sendok dan rancanag dapat dikembalikan pada tempatnya tanpa harus mencucinya tetapi pada tahun ini siswa setelah makan siang anak-anak diwajibkan mencuci sendok dan meletakkan di tempat yang disediakan ( kelas masing-masing).

pembiasaan mencuci sendok (3)
pembiasaan mencuci sendok sendiri

Kegiatan mencuci sendok sendiri ini diharapkan siswa terbiasa bertanggung jawab terhadap apa yang digunakan karena jika siswa tidak mencuci sendok maka saat makan siang selanjutnya siswa tidak memakai sendok karena sendoknya masih kotor. Selain itu, pembiasaan mencuci sendok ini membiasakan siswa untuk disiplin yakni dia harus makan dan mencuci sendok dengan tepat waktu serta meletakkannya ditempat asal.

====================================================================

Mengapa mencuci sendok? Mengapa tidak yang lain?

====================================================================

Yup… pertanyaan yang bagus. Mengapa sendok saja? Karena peralatan makan mereka sering  gunakan baik di rumah atau disekolah, harapannya di sekolah sudah melaksanakan mencuci sendok dan seterusnya di rumah siswa bisa mencuci peralatan makan sendiri atau semua anggota keluarganya. Selanjutnya mengapa di sekolah tidak sekalian diminta mencuci rantangnya? karena di sekolah memiliki tempat mencuci piring yang terbatas.

Maka dengan pelaksanaan pembiasaan mencuci sendok sendiri ini diharapkan dalam diri siswa terbentuk karakter yang positif yakni karakter TANGGUNG JAWAB dan DISIPLIN. Serta dikemudian hari karaker ini melekat sampai dewasa.

Adapun Manfaat Pembiasaan Mencuci Sendok Sendiri secara luas adalah :

  1. Sikap cinta kebersihan ( bukankah kebersihan dari iman)
  2. Melatih tanggung jawab, setelah makan alat yang dipakai wajib dibersihkan
  3. Mandiri, dengan demikian siswa terbiasa melakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.
  4. Cinta lingkungan, dengan mencuci sendok akan terbiasa cinta lingkungan mulai dari hal yang terkecil.

======>>>> Foto Manfaat Mencuci Sendok Sendiri <<< =====

mencuci sendok (4)

sd muhammadiyah bojonegoro (1)

sd muhammadiyah bojonegoro (2)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *