Labuan Cermin, Danau 2 Rasa yang Sebening Kaca

  • 3 min read
  • Sep 22, 2017
Labuan Cermin, Danau 2 Rasa yang Sebening Kaca

Labuan Cermin, Danau 2 Rasa yang Sebening Kaca

Danau Labuan Cermin. Indonesia adalah tujuan wisata yang selalu menghadirkan rasa kagum. Pesona yang dimiliki Indonesia tidak pernah ada habisnya. Maka tak heran kalau banyak orang yang menduga kalau Tanah Air kita ini adalah Benua Atlantis yang hilang. Jutaan wisatawan dari berbagai negara pun sampai rela datang untuk menikmati pesonanya.

Di negeri ini, banyak keindahan alam yang sulit ditemukan di negara lain. Ada pantai berwarna merah muda atau biasa disebut Pink Beach di Lombok dan Kepulauan Komodo yang langka, fenomena api biru di gunung Ijen yang konon hanya ada 2 di dunia, danau Kakaban di Kalimantan Timur yang dihuni ubur-ubur jinak, danau yang bisa berubah warna di Kelimutu, hewan Purba Komodo yang hanya ada di Nusa Tenggara Timur, dan masih banyak lagi. Nah, orang luar saja sudah banyak yang berkunjung ke Indonesia. Tentunya kita sebagai orang Indonesia, kita bisa lebih mudah mengunjungi tempat-tempat dengan pemandangan langka tadi. Kita tinggal mencari daftar harga tiket pesawat terbaru yang murah meriah untuk menuju ke sana.

Danau Labuan Cermin

Labuan Cermin, Danau 2 Rasa yang Sebening Kaca
Labuan Cermin, Danau 2 Rasa yang Sebening Kaca

Picture: indonesiakaya.com

Selain tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas, ada satu lagi tempat menarik dengan pemandangan yang langka dan sangat menawan, yaitu Danau Labuan Cermin. Danau ini terletak di Desa Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Untuk sampai ke tempat ini, kamu tinggal melihat daftar harga tiket pesawat terbaru kebandara Kalimaru, Berau. Kamu bisa lihat harga tiket pesawat di reservasi.com. Namun untuk sampai ke Kalimaru, kamu harus transit terlebih dahulu di Balikpapan. Untuk itu, sebaiknya pilih maskapai yang menyediakan penerbangan connecting ke Berau agar tidak repot. Dari Berau, perjalanan bisa dilanjutkan melalui jalur darat kepelabuhan di desa Kelambu, selama 5-7 jam. Selanjutnya, kamu hanya perlu menaiki perahu kecil menuju danau karena lokasi danau Labuan Cermin masih sangat tersembunyi dibalik pepohonan yang rimbun.

 

BACA JUGA : Sedihnya Tidak Dapat Hotel Saat Liburan

Perjalanan menuju danau Labuan Cermin memang cukup menyita uang, tenaga, dan waktu. Tapi sesampainya di Labuan Cermin, energi, materi, dan waktu yang kamu keluarkan selama perjalanan akan terbayar lunas dengan keajaiban dan keindahan yang terjadi di sana.

Keunikan Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin sangat berbeda dengan danau pada umumnya. Di dalamnya, terdapat air tawar dan air asin sekaligus yang tidak larut satu sama lain. Air asin berada di bagian dasarnya, dan air tawar di permukaan danau. Air asin ini berasal dari saluran air yang terhubung kelaut karena danau ini berdekatan dengan teluk, sedangkan air tawar berasal dari mata air yang ada di sana. Tak hanya airnya yang dua rasa, danau ini juga di isi oleh habitat ikan air tawar dan air asin sekaligus. Ikan-ikan ini bisa hidup secara berdampingan.

 

Namun keunikan ini tidak bisa kamu rasakan dari permukaan dengan mata telanjang. Kamu harus menyelam terlebih dahulu hingga ke dasarnya agar bisa merasakan perbedaannya. Kalau mata kamu cukup jeli saat menyelam, kamu bisa melihat batas yang menyerupai awan tips berwarna putih yang memisahkan air asin dan air tawar di Labuan Cermin.

Berkat perpaduan air tawar dan air asin, danau Labuan Cermin pun menjadi terlihat sangat indah dengan warna biru kehijauan. Tak hanya itu, airnya pun sangat jernih sekali. Saat menyelam di Labuan Cermin, mata kamu akan memiliki jangkauan pandang yang cukup jauh. Sangking jernihnya, segala yang ada di dasar danau Labuan Cermin pun dapat terlihat dari permukaan. Bahkan, bayang kapal yang mengapung di atasnya pun akan nampak dengan jelas di dasar danau sehingga membuat kapal ini seolah terlihat seperti sedang melayang di udara. Maka sangat pantas danau ini dinamai Labuan Cermin karena airnya sangat jernih sebening kaca.

Belum cukup sampai di situ, danau yang luasnya tidak lebih besar dari lapang sepak bola itu punya pemandangan yang asri di permukaan. Vegetasi hijau yang rindang tumbuh di sekililingnya sehingga membuat udara di permukaan danau Labuan Cermin menjadi sangat sejuk. Suasananya juga sangat tenang. Kamu tidak akan menemukan suasana yang bingar seperti di tempat wisata yang lebih populer.

Tempat Wisata Sekitar Danau Labuan Cermin

Labuan Cermin pun cukup dekat dengan destinasi wisata menarik lainnya di Kalimantan Timur seperti Kepulauan Derawan. Jadi setelah puas menikmati keindahan danau dua rasa, kamu bisa langsung pergi menyelami perairan Derawan yang menawan jika memiliki waktu, tenaga, dan uang lebih.

Berkat keindahan dan keunikannya, Labuan Cermin memang layak masuk dalam bucket list. Kalau kamu tertarik untuk pergi ke sana, segera lihat harga tiket pesawat sekarang juga, lalu pesan tiket sesuai tanggal liburan yang diinginkan sejak jauh hari agar mendapat tiket penerbangan dengan harga yang lebih murah. Jadi tunggu apalagi, yuk cek daftar harga tiket pesawat terbaru sekarang juga lalu nikmatilah sejuta pesona yang tersaji di Labuan Cermin dan sekitarnya.