Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Hosting dan Pengertian

  • 3 min read
  • Oct 31, 2022
Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Hosting dan Pengertian

Dedicated  hosting  merupakan salah satu pilihan yang cukup populer ketika memilih server hosting. Pemilihan dedicated hosting ini sendiri merupakan salah satu pilihan, selain memilih sewa VPS murah.  Ada beberapa kelebihan dan kekurangan  dedicated hosting  yang juga perlu kamu pahami. Penggunaan  dedicated hosting  sendiri biasanya dipilih untuk kebutuhan yang lebih kompleks. Biasanya, jenis hosting ini menjadi pilihan untuk mereka yang memiliki  traffic sangat tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Hosting dan Pengertian
Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Hosting dan Pengertian (Gambar: Pixabay)

Apa itu Dedicated Hosting?

Secara mudah  dedicated hosting  merupakan sebuah layanan  hosting yang membuat pengguna memiliki satu server penuh. Dengan menyewa layanan ini, itu artinya kamu juga menyewa satu  server  lengkap dengan semua fitur yang ada di dalamnya.

Jika dilihat dari sisi lain, menggunakan layanan  dedicated hosting  akan membuat kamu memiliki kendali penuh atas server hosting yang kamu sewa. Nantinya, kamu juga bisa melakukan  setup sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Kelebihan Dedicated Hosting

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang menggunakan layanan ini adalah karena dedicated hosting memiliki beberapa kelebihan, seperti:

1. Akses Penuh

Dengan menggunakan layanan dedicated hosting, maka kamu akan mendapatkan hak akses penuh terhadap server tersebut. Kamu tidak perlu berbagi dengan pengguna lain, ketika penggunaan server tersebut.

Itu artinya, kamu juga akan memiliki sumber daya tersebut sendirian. Hal ini membuat kamu bisa melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu, tidak tergantung dengan pengguna lain.

2. Keamanan

Hal lain yang juga menjadi kelebihan dari dedicated hosting adalah masalah keamanan. Karena tidak perlu berbagi dengan pengguna lain, maka kamu tidak perlu khawatir masalah dari pengguna lain akan berdampak pada website kamu.

Selain itu, untuk menjamin masalah keamanan ini juga kamu bisa melakukan set up dan konfigurasi sendiri. Cara ini juga untuk memastikan, jika server tersebut sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

3. Dedicated IP Address

Kelebihan lainnya dari menggunakan dedicated hosting adalah kamu bisa mendapatkan alamat IP yang memang khusus untuk kamu gunakan. Dalam banyak kasus, penggunaan dedicated IP Address ini biasa digunakan oleh website official.

Dengan memiliki alamat IP sendiri, selain mempercepat proses transfer data website ketika dibutuhkan, hal ini juga bisa membuat website menjadi lebih multifungsi. Selain itu, dedicated IP Address ini juga memudahkan server hosting kamu ditemukan.

4. Remote Access

Karena konfigurasi dan setup kamu yang buat, maka kelebihan lain yang juga bisa kamu rasakan ketika menggunakan dedicated hosting adalah masalah remote access. Dengan menggunakan layanan ini, maka memungkinkan kamu untuk melakukan pengecekan dari manapun dan kapanpun

Proses layanan dan pengecekan akan menjadi lebih mudah. Beberapa penyedia layanan dedicated hosting juga memberikan akses ke aplikasi, agar kamu bisa melihat kondisi server dengan lebih mudah dan cepat.

5. Tidak Terganggu Aktivitas Pengguna Lain

Penggunaan dedicated hosting sendiri akan membuat kamu memiliki pengelolaan secara mandiri. Itu artinya, kamu tidak akan terganggu dengan aktivitas yang dilakukan pengguna lain.

Hal ini akan membuat server tidak akan mengalami masalah, meskipun mendapatkan traffic yang cukup tinggi. Selama kapasitas server masih cukup, maka traffic besar tersebut bisa teratasi.

Kondisi ini tentu akan berbeda dengan layanan lain yang membuat kamu harus berbagi resources dengan pengguna lain. Karena, jika satu pengguna mengalami masalah, maka pengguna lain juga akan terkena akibatnya.

6. Membuat Website Lebih Cepat

Karena semua resources yang ada menjadi milik kamu, maka kamu juga bisa mengoptimalkannya untuk mendapatkan kecepatan maksimal. Kamu bisa melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan dan pengaturan yang kamu inginkan.

Kekurangan Dedicated Hosting

Di balik beberapa keunggulan yang bisa kamu rasakan layanan dedicated hosting ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

1. Harga

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna tentang layanan dedicated hosting ini adalah soal harga. Dengan semua keunggulan dan kebebasan yang kamu dapatkan, memang tidak heran jika harga sewa dedicated hosting cukup mahal.

Dibanding dengan beberapa jenis layanan hosting lain, layanan dedicated hosting ini memang memiliki harga sewa cukup mahal. Meskipun harga tersebut sebenarnya sesuai dengan spesifikasi dan keunggulan yang akan kamu dapatkan.

2. Masalah Teknis

Penggunaan dedicated hosting ini akan membuat kamu mengelola server secara mandiri. Semua masalah konfigurasi akan kamu buat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu sendiri.

Di lain sisi, hal ini membuat kamu juga harus paham masalah teknis tentang pengelolaan server. Bagi orang awam atau mereka yang belum terbiasa mengelola server, maka hal ini tentu merupakan sebuah masalah.

Pengelolaan server ini sendiri akan berkaitan langsung dengan kinerja perangkat tersebut. Semakin paham kamu dengan teknis pengelolaan server, maka akan semakin baik kinerja server tersebut.

Dedicated Hosting untuk Website Traffic Tinggi!

Dengan segala kelebihan dan kekurangan dedicated hosting, layanan ini memang paling pas untuk website traffic tinggi. Selain itu, penggunaan dedicated hosting ini juga biasanya digunakan untuk kebutuhan yang kompleks serta memiliki tim sendiri yang akan bekerja untuk mengatur semua teknis dari server tersebut.