Jenis-Jenis Koperasi

  • 2 min read
  • Jan 31, 2017
jenis koperasi

Jenis koperasi secara umum dapat dikelompokkan secara besar menjadi dua yaitu koperasi berdasarkan jenis usahanya dan koperasi berdasarkan keanggotaannya. ( Baca Juga : Arti Lambang Koperasi )

jenis koperasi
jenis koperasi

Berikut ini jenis koperasi berdasarkan jenis usahanya. 

  1. Koperasi konsumsi, yaitu koperasi yang menyediakan barang kebutuhan hidup sehari hari. Misalnya menyediakan gula, beras, teh dll. Harga barangnya lebih murah dibandingkan took yang lainnya.
  2. Koperasi produksi, yaitu koperasi yang melakukan proses usaha produksi. Barang yang dijual adalah hasil produksi usahanya dan para anggota dapat memasok barang yang dijual. Koperasi produksi ini biasanya anggotanya berasal dari para pengusaha kecil (UKM) karena akan membantu mereka dalam berjualan barang yang dihasilkan di UKM nya. (Baca Juga  == >>  kumpulan Soal tentang koperasi )
  3. Kopersai simpan pinjam atau koperasi kredit. Adalah koperasi yang memberikan pinjaman pada anggotanya . Uang yang dipinjamkan berasal dari uang yang dibayar para anggotanya sendiri. Namun, bunga dikoperasi lebih ringan dibandingkan dengan yang lain sehingga tidak memberatkan peminjamnya. Sehingga keberadaan koperasi ini dapat membantu orang-orang yang ingin menjalankan usaha mikro, kecil dan menengah. ( Baca Juga : Arti Lambang Koperasi )
  4. Koperasi jasa, adalah koperasi yang menyelenggarakan kegiatan pelayanan jasa non simpan pinjam yang diperlukan oleh anggota dan non anggotanya. Misalnya jasa pengurusan STNK, pembayaran listrik dan pembayaran air sehingga tidak kesulitan dalam melakukan pembayarannya.

Berikut ini jenis koperasi berdasarkan anggotanya

  1. Koperasi sekolah, yaitu koperasi yang beranggotakan dari warga sekolah dari kepala sekolah sammpai dengan siswa.
  2. Koperasi Unit Desa (KUD), yaitu koperasi yang beranggotakan warga desa dan kebanyakan dari petani dan nelayan. Kegiatan menyediakan kebutuhan pertanian mulai dari pupuk, bibit padi, sedangkan untuk perikanan biasanya menyediakan kredit perahu, bahan berlayar dll.
  3. Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI), yaitu koperasi yang beranggotakan para pegawai negeri sipil atau pegawai suatu instansi tertentu misalnya guru. Kegiatan usahanya menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari misalnya pakaian, sabun, alat rumah tangga dll.
  4. Koperasi pensiunan, yaitu koperasi yang beranggotakan para pensiunan para pegawai negeri. Kegiatan usahanya biasanya melayani barang-barang anggotanya dan tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para pensiunannya.

Itulah jenis koperasi berdasarkan jenis usaha dan anggotanya.