Jangan Salah, Ini Perbedaan Psikolog Dan Psikiater

  • 2 min read
  • Apr 01, 2023

Jangan Salah, Ini Perbedaan Psikolog Dan Psikiater

Psikolog dan psikiater sering dianggap sama oleh beberapa orang. Nah, di artikel berikut saya akan membagikan tentang pengertian dan perbedaan psikolog dan psikiater:

1. Psikolog Psikolog adalah seorang ahli yang mempelajari perilaku dan proses mental manusia. Psikolog menggunakan ilmu psikologi untuk membantu orang memahami diri mereka sendiri dan mengatasi masalah yang mereka hadapi. Psikolog sering bekerja dengan klien untuk membantu mengatasi masalah psikologis seperti stres, kecemasan, depresi, dan trauma. Psikolog biasanya tidak dapat meresepkan obat-obatan.

2. Psikiater Psikiater adalah seorang dokter spesialis yang mempelajari penyakit mental dan gangguan emosional. Psikiater memiliki lisensi medis dan dapat meresepkan obat-obatan untuk mengobati kondisi psikologis, seperti obat antidepresan, obat antipsikotik, atau obat penenang. Psikiater sering bekerja sama dengan psikolog untuk membantu pasien mereka memperbaiki kesehatan mental dan emosional mereka.

Jangan Salah, Ini Perbedaan Psikolog Dan Psikiater
Jangan Salah, Ini Perbedaan Psikolog Dan Psikiater

Perbedaan Psikolog Dan Psikiater

Berikut adalah 10 perbedaan antara psikolog dan psikiater:

1. Pendidikan:

Psikolog memperoleh gelar sarjana di bidang psikologi dan kemudian melanjutkan untuk memperoleh gelar magister atau doktor dalam psikologi. Psikiater harus menyelesaikan pendidikan medis dan kemudian menyelesaikan program residensi dalam psikiatri.

2. Lisensi

Psikolog tidak memiliki lisensi medis, sedangkan psikiater memiliki lisensi medis yang memungkinkan mereka meresepkan obat-obatan.

3. Metode terapi

Psikolog cenderung menggunakan terapi bicara atau terapi perilaku untuk membantu pasien mengatasi masalah psikologis mereka, sedangkan psikiater lebih cenderung menggunakan pengobatan obat-obatan dalam kombinasi dengan terapi bicara.

4. Pusat perhatian

Psikolog umumnya berfokus pada masalah psikologis dan perilaku, seperti stres, kecemasan, depresi, dan trauma. Sedangkan, psikiater lebih berfokus pada masalah psikologis dan kesehatan mental yang lebih parah, seperti gangguan bipolar, skizofrenia, dan gangguan makan.

5. Terapi kognitif dan perilaku

Psikolog lebih cenderung mengambil pendekatan terapi kognitif dan perilaku, yang berfokus pada cara pikiran dan perilaku seseorang memengaruhi emosi dan tindakan mereka. Sedangkan, psikiater lebih cenderung menggunakan obat-obatan untuk mengurangi gejala yang berkaitan dengan kondisi psikologis.

6. Waktu sesi

Sesi dengan psikolog biasanya berlangsung lebih lama, dapat mencapai satu jam atau lebih. Sementara itu, sesi dengan psikiater biasanya lebih pendek, biasanya sekitar 15-30 menit.

7. Biaya

Biaya untuk mengunjungi psikolog biasanya lebih rendah daripada psikiater, karena psikiater memerlukan biaya yang lebih tinggi untuk lisensi medis dan program residensi.

8. Penanganan Kasus

Psikolog biasanya lebih mengambil pendekatan “masuk akal” dalam merawat pasien, sedangkan psikiater biasanya memilih pengobatan obat-obatan yang efektif dalam mengatasi masalah psikologis pasien.

9. Diagnosis

Psikolog tidak memiliki lisensi medis dan oleh karena itu tidak dapat mendiagnosis kondisi medis atau psikologis. Psikiater, sebagai seorang dokter, dapat memberikan diagnosis resmi terhadap kondisi medis atau psikologis.

10. Waktu Praktek

Psikolog umumnya menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk melakukan praktek terapi. Sementara itu, psikiater biasanya memiliki lebih sedikit waktu untuk praktek terapi karena mereka juga harus melakukan pekerjaan medis lainnya seperti pemeriksaan fisik dan meresepkan obat-obatan.

Itulah beberapa penjelasan tentang pengertian psikolog dan psikiater, serta perbedaan antara keduanya. Keduanya dapat membantu individu mengatasi masalah psikologis dan kesehatan mental, namun dengan pendekatan dan metode yang berbeda.

Demikian artikel Perbedaan Psikolog Dan Psikiater semoga bermanfaat