Contoh Surat Balasan Penawaran

  • 2 min read
  • Mar 24, 2023

3 Contoh Surat Balasan Penawaran

Contoh Surat Balasan Penawaran. Surat balasan penawaran adalah surat yang dikirimkan sebagai respon atas penawaran yang diterima. Surat ini berisi penerimaan atau penolakan atas penawaran, serta isi dari kesepakatan yang diambil.

Bagian surat balasan penawaran

Berikut adalah beberapa bagian yang biasanya terdapat dalam surat balasan penawaran:

  1. Pengantar Pada bagian ini, penulis menyapa pihak yang mengirimkan penawaran. Pengantar biasanya dimulai dengan kalimat “Dengan hormat” atau “Kepada Yth.” diikuti dengan nama dan alamat perusahaan atau individu yang dituju.
  2. Penjelasan Bagian ini menjelaskan tujuan surat balasan dan memberikan respons atas penawaran yang diterima. Penjelasan dapat berisi penerimaan atau penolakan atas penawaran, serta alasan mengapa keputusan tersebut diambil.
  3. Rincian Bagian ini memuat rincian terkait dengan isi dari penawaran yang diterima, seperti harga, jangka waktu, jumlah barang atau jasa, serta spesifikasi yang diperlukan.
  4. Kesimpulan Pada bagian ini, penulis menyimpulkan kesepakatan yang diambil dan memastikan bahwa segala persyaratan telah terpenuhi.
  5. Penutup Penutup berisi ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan harapan untuk menjalin kerjasama yang baik di masa depan.
  6. Tanda tangan dan Nama Surat balasan penawaran harus ditandatangani oleh pihak yang berwenang dari perusahaan. Tanda tangan tersebut biasanya diikuti dengan nama lengkap, jabatan, dan tanda tangan elektronik jika diperlukan.

Dalam keseluruhan surat balasan penawaran, pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan jelas serta hindari penggunaan kalimat yang ambigu atau tidak jelas.

Contoh Surat Balasan Penawaran
Contoh Surat Balasan Penawaran

3 Contoh Surat Balasan Penawaran

Berikut adalah contoh surat balasan penawaran:

1. Surat Balasan Penawaran dari Perusahaan ke Perusahaan

[Alamat Surat Perusahaan A] [Alamat Kota]

[Tanggal]

Kepada Yth, [Alamat Surat Perusahaan B] [Alamat Kota]

Perihal: Balasan Penawaran

Dengan hormat,

Terima kasih atas surat penawaran yang telah Bapak/Ibu kirimkan kepada kami pada tanggal [tanggal surat penawaran]. Setelah mempertimbangkan secara seksama, kami menyatakan bahwa kami tertarik dengan penawaran yang telah diberikan oleh Bapak/Ibu.

Namun demikian, kami membutuhkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut mengenai detail penawaran yang telah disebutkan. Kami akan segera menghubungi Bapak/Ibu untuk melakukan negosiasi lebih lanjut.

Kami berharap dapat menjalin kerjasama yang baik dengan Bapak/Ibu dalam waktu yang dekat.

Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

[Perusahaan A]

2. Surat Balasan Penawaran dari Perusahaan ke Klien

[Alamat Surat Klien] [Alamat Kota]

[Tanggal]

Kepada Yth, [Alamat Surat Perusahaan] [Alamat Kota]

Perihal: Balasan Penawaran

Dengan hormat,

Terima kasih atas minat Anda terhadap produk/jasa kami dan telah meminta penawaran pada tanggal [tanggal penawaran]. Kami ingin memberitahukan bahwa kami telah mempelajari penawaran yang telah disampaikan dan kami sangat tertarik dengan tawaran yang telah diberikan.

Setelah melakukan pertimbangan yang matang, kami menyatakan bahwa kami akan menerima penawaran Anda dan akan segera menghubungi Anda untuk menyelesaikan detail dan prosedur selanjutnya.

Kami berharap dapat segera memulai kerjasama dengan Anda dan memberikan layanan terbaik kepada perusahaan Anda.

Atas perhatian dan waktu yang telah Anda berikan, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

[Perusahaan]

 

3. Surat Balasan Penawaran dari Klien ke Perusahaan

[Alamat Surat Perusahaan] [Alamat Kota]

[Tanggal]

Kepada Yth, [Alamat Surat Klien] [Alamat Kota]

Perihal: Balasan Penawaran

Dengan hormat,

Kami ingin menyampaikan terima kasih atas penawaran yang telah diberikan kepada kami pada tanggal [tanggal penawaran]. Kami telah mempertimbangkan dengan seksama tawaran yang telah diberikan dan menyatakan bahwa kami tertarik dengan penawaran tersebut.

Kami membutuhkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut mengenai detail penawaran, dan akan segera menghubungi Anda untuk membicarakan lebih lanjut mengenai prosedur dan persyaratan yang diperlukan.

Kami berharap dapat menjalin kerjasama yang baik dengan perusahaan Anda dan memberikan hasil yang terbaik untuk kedua belah pihak.

Sekali lagi, terima kasih atas kesempatan ini.

Hormat kami,

[Klien]