Hit enter after type your search item
    Nurul Hidayah

    Kumpulan Informasi Umum dan Soal Tematik Terbaru

    Asal Usul Dan Keunikan Desa Centini Laren Lamongan

    /
    /
    /
    660 Views

    Asal Usul Dan Keunikan Desa Centini Laren Lamongan

    Asal Usul Desa Centini Laren Lamongan

    Centini sebuah kata yang lagi terkenal, bagaimana tidak terkenal Centini dipakai untuk judul sebuah sinetron yang dibintangi oleh artis cantik Dewi Persik, sekilas cerita sebenarnya Centini identik dengan karya sastra dahulu yang terkenal yakni SERAT CENTHINI (kalau tidak salah hehe).

    Apakah mungkin nama Centini di ambil dari karya sastra itu? Sampai saat ini masih belum terjawab pertanyaan saya ini. Desa Centini ini sendiri terdapat di Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan Jawa Timur dengan memiliki 8 Rw. Sepertinya nama desa Centini masih ada hubungannya dengan karya sastra lama dahulu. ( wuih keren )

    Asal Usul Dan Keunikan Desa Centini Laren Lamongan
    Asal Usul Dan Keunikan Desa Centini Laren Lamongan

    Kembali ke cerita Desa Centini yang ini, apa yang unik dari desa ku ini?

    Keunikan Desa Centini Laren Lamongan

    1. Sebagian besar penduduknya merantau. Terutama yang muda mereka nekat keluar jawa (kalimantan, sumatra, papua, sulawesi, ntt dll). Mungkin mereka berpedoman pada sebuah hadist hehe ( berhijralah kamu maka akan ada perubahan hidup lebih baik).
    2. Banyak rumah mewah kosong. Kalau dikota rumah besar dan berpenghuni tapi didesa Centini banyak tuch rumah besar yang kosong, kalau dikota bisa dikontrakan kalu di desa ya nganggur hehehe,kalau di sini tidak ada yang mau ninggali waupun gratis .
    3. Dialog Percakapan Beragam. Kalau hari raya seperti ini, di desa ini Anda bisa temui dialek bahasa yang beragam. Bahasa jawa yang biasanya digunakan kini berubah menjadi bahasa indonesia dengan dialek luar jawa (sesuai tujuan merantaunya).
    4. Kendaraan Mobil Makin Padat Dan Berplat Luar Lamongan. Jika keseharian kendaraan berplat ” J ” tapi di saat lebaran begini kita bisa lihat plat mobil luar Lamongan , misal KT, B, DK dll.
    5. Pertanian penghasil Serat Kenap. Mungkin ini yang unik desa Centini lainnya, biasanya petani menanam padi dan jagung, buah – buahan tapi di desa Centini juga menanam tumbuhan kenaf yang bisa diambil seratnya sebagai bahan kain, karung dll.
    6. Blok Pembagian Syukuran. Setiap ada momen berbagi syukuran atau selamatan saat lebaran atau peringatan hari Islam penduduk aka membagi kan disetiap blok, walaupun dalam satu RT tapi tidak dibagikan semuanya tapi menggunakan sistem blok ( baratnya jalan, timurnya jalan atau utaranya jalan).
    7. Sembeli ayam berjamaah. Menjelang lebaran jangan kaget setelah subuh puasa hari 30 jangan kaget karena akan terdengar suara ayam yang berteriak, karena si pemelik ayam sedang menelisik dikandangnya untuk menangkapnya dan dijadikan hidangan waktu hari raya, tak terkecuali si emak ku, bagaimana dengan emak Anda? Hehe…alhasil my bapak kebanjiran job dadakan untuk sembeli ayam dari tetangga hehehe (tenang tapi gratis kok)
    8. Kalau musim hujan tinggi, air bengawan solo naik desa Centini bisa terendam sampai pemukiman, namun jika air bengawan solo bisa dialirkan ke hulu yang banjir hanya sawah saja dan saatnya petani mencari ikan (menjaring atau setrum atau mancing) dan juga saatnya bermain air dan mandi di sawah.

    centini

    Itulah sedikit tentang keunikan desa Centini, saya sebenarnya penasaran adakah hubungan antara sastra jawa lama yang terkenal SERAT CENTHINI? Karena disekitar Desa Centini juga terdapat peninggalan situs candi yang konon ada hubungannya dengan majapahit . Sepertinya saya harus mendapat pencerahan dari ahli sastra dan sejarawan.

    BACA JUGA : KEUNIKAN MASJID NAMIRA LAMONGAN YANG MEMBUAT HATI TERKAGUM-KAGUM

    centini laren

    Bagaimana, setelah membaca Asal Usul Dan Keunikan Desa Centini Laren Lamongan ini, apakah Anda tertarik mengunjungi ke Desa Centini ini?

    Gambar di atas, saya ambil pada saat banjir di desa centini

    Loading...

    20 Comments

    1. Mbak di centini rt berapa alamatnya maaf sbb sy orang centini sy lahir n besar di centini sesekali saya pulang hanya org2 tua yg masih kenal gmna tdk 35 thn lalu sy meninggalkan desaku tercinta kini sy ada di luar jawa sebagai pns tepatnya pengawas pendidikan sma kalo boleh tahu ortu mbak ini siapa ya…

    Leave a Comment

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    This div height required for enabling the sticky sidebar