Hit enter after type your search item
Home / Tips / 5 Cara Agar Kelas Rapi Dan Nyaman Sehingga Murid Betah

5 Cara Agar Kelas Rapi Dan Nyaman Sehingga Murid Betah

5 Cara Agar Kelas Rapi Dan Nyaman Sehingga Murid Betah Di Kelas

Kenyamanan dalam pembelajaran mendukung atas keberhasilan penyampaian materi dalam kelas, kebersihan , kerapian dan perawatan yang baik akan membantu penyerapan materi tersebut. Anak SD memiliki kecendrungan yang kurang peka, di harapkan dengan 5 prinsip ini siswa tersebut dapat terlatih sejak dini untuk bertanggung jawab dan melakukan kegitan yang ringan ini namun sangat berdapak luar biasa pada kehiudpan seterusnya. Nah, tidak ada salahnya seorang guru membiasakan kebiasaan ini sejak dini. Dan tak salah jika membaca tulisan artikel 5 Cara Agar Kelas Rapi Dan Nyaman Sehingga Murid Betah Di Kelas.

5 Cara Agar Kelas Rapi Dan Nyaman Sehingga Murid Betah
5 Cara Agar Kelas Rapi Dan Nyaman Sehingga Murid Betah

Berkut ini 5 Cara Agar Kelas Rapi Dan Nyaman Sehingga Murid Betah Di Kelas yang bisa guru terapkan agar suasana kelas makin nyaman , baik untuk SD, SMP, atau SMA:

Cara 1 =>> Prinsip Resik

Resik dari  kata dalam bahasa jawa, dimana dalam bahasa indonesia artinya bersih. Pada prinsip ini siswa dibiasakan  dilibatkan dalam aktifitas menjadikan kelas senantiasa dalam keadaan bersih. Suasana kelas yang bersih tidak hanya di awal pembelajaran pagi hari, tetapi benar-benar terjaga hingga akhir pembelajaran. Kebersihan  sebuah kelas pembelajaran merupakan hal yang sangat penting. Untuk itu bisa menjadi tugas utama dalam melibatkan siswa pada prinsip resik ini.  Selain itu setiap kelas diharapkan  selalu mengaktifkan piket harian kelas. Hal ini melatih siswa untuk peka akan kebersihan lingkungan dan tanggung jawab atas dirinya sendiri. Dan selanjutnya 5 Cara Agar Kelas Nyaman Dan Rapi

Cara Ke dua ==>> Prinsip Rapi

Kelas yang bersih secara fisik belum tentu bisa dikatakan rapi. Oleh karenanya kebersihan perlu dibarengi dengan aspek kerapihan. Kerapihan sebuah kelas membuat orang nyaman melihatnya. Sehingga untuk melakukan kegiatan belajar menjadi lebih nyaman. Kerapihan sebuah kelas bisa di ukur dari tertatanya setiap barang, meletakkan sepatu , meletakkan tas  atau apapun yang ada di dalam kelas.

Cara Ke tiga ==>> Prinsip Rawat

Setiap barang yang ada di dalam kelas sebenarnya  memiliki kemanfaatan. Supaya kemanfaatan barang terjaga maka diperlukan perawatan serius dan berkelanjutan. Semua barang akan awet jika dirawat secara benar. Tidak hanya barang baru yang di rawat dan yang lama akan ditinggalkan. Dari merawat barang sesungguhnya siswa sedang belajar karakter bagaimana ia menjaga sesuatu yang bisa memberikan manfaat.

Cara ke empat ==>> Prinsip RAJIN

5 Cara Agar Kelas Rapi Dan Nyaman Sehingga Murid Betah
5 Cara Agar Kelas Rapi Dan Nyaman Sehingga Murid Betah

Prinsip. Rajin dalam arti yang sederhana adalah melakukan kegiatan atau sesuatu secara terus menerus . Dimulai dari pembiasaan yang kecil maka sesungguhnya ia akan menjadi karakter yang kuat. Sebagai contoh ada siswa melihat pebsilnya  di lantai maka secara spontan ia akan mengambilnya lalu menaruhnya di tempat asalnya tanpa harus disuruh.

Cara ke lima ==>> Prinsip Ringkas

Ringkas yang dimaksud adalah meletakkan barang yang ada di dalam kelas sesuai tempatnya. Dengan demikian akan memudahkan siapa saja untuk mencari barang yang dimaksud. Hal ini bisa diajarkan pada siswa dalam perkara-perkara yang sangat sederhana. Contohnya bagaimana harus menyimpan buku, pensil, dan lainnya dengan benar. Jadi tidak sembarangan menaruhnya seingga sat di butuhkan mereka akan kebingungan

Nah, dengan menjalankan 5 Cara Agar Kelas Rapi Dan Nyaman Sehingga Murid Betah Di Kelas di atas suasana kelas kita akan menjadi nyaman dan siswa akan betah melakukan aktivitas di dalam kelas.

2 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar