Patung Tertinggi Se Asia Tenggara Ada Di Tuban Indonesia

Anda Suka? Klik atau Bagikan

Patung Tertinggi Se Asia Tenggara Ada Di Tuban Indonesia

patung tertinggi se asia tenggara di tuban indonesia
patung tertinggi se asia tenggara di tuban indonesia

Patung Tertinggi Se Asia Tenggara Ada Di Tuban Indonesia. Hari ini Minggu, tanggal 16 Juli 2017 saya mengantarkan keponakan untuk kembali ke Tuban, awalnya di tinggal di rumah Lamongan tapi mulai hari ini dia harus di bawah ke Tuban karena sudah berumur 2 tahun ( ah.. rumah jadi sepi di Lamongan, hanya tinggal emak dan bapak saja di sana, jadi sepi kalau pulang Lamongan) loh kok curhat hiks hiks.

Well, cukup di situ saja melownya. Singkat cerita kami sudah sampai mengantarkan si krucil di Tuban dengan membawa barang hampir penuh satu mobil bagian belakang ( hahaha). Jam sudah menunjukkan jam 13.00 perut mulai lapar ditambah suasana yang panas jadi pengen makan yang seger, saya putuskan untuk mencari bakso di tepi pantai sambil menikmati angin semilir depan terminal lama.

Tak sengaja bertemu dengan rombongan orang etnis China yang juga ikut minum es degan ( segerrrr). Karena berhadapan dengan saya saat makan, maka s ayaputuskan ngobrol dengannya, dari obrolan tersebut saya mendapatkan info bahwa beliau bersama keluarga berasal dari Purwakarta datang ke Tuban untuk menghadiri acara di klenteng/ tempat ibadah tri darma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban.

klenteng terbesar di tuban indonesia

Obrolan itu membuat saya jadi semangat untuk ke sana. Selain itu, beberapa hari lalu ada postingan gambar yang berhubungan dengan tulisan saya “Patung Tertinggi Se Asia Tenggara Ada Di Tuban Indonesia” ini.

BACA JUGA : Keunikan Masjid Namira Lamongan

 

Yup, akhirnya saya putuskan untuk ke sana, di sana sudah banyak orang berdatangan hampir dari seluruh Indonesia. Dari mana saya bisa menyatakan itu, karena saya melihat kendaraan yang terparkir dengan plat hampir sebagian besar dari luar Tuban. Kemudian ada yang beda, saat sampai di parkiran itu mata langsung tertuju pada bangunan patung yang menjulang tinggi. Nah, itulah patung tertinggi Se Asia Tenggara ada di tuban tak lain dan tak bukan patung itu bernama ” patung Kongco Kwan Sing Tee Koe atau Kongco Kwan Kong”.

patung tertinggi se indonesia
patung tertinggi se indonesia

Bangunan Patung Kongco Kwan Sing Tee Koe atau Kongco Kwan Kong Tuban

Patung Kongco Kwan Sing Tee Koe atau Kongco Kwan Kong yang memiliki ketinggian 30 meter tersebut bakal mencatatkan rekor sebagai patung tertinggi di lingkungan kelenteng se-Asia Tenggara. Posisinya menggeser patung Dewi Kwan Im di Pematang Siantar, Sumatera Utara, yang sementara ini tercatat sebagai yang tertinggi se-Asia Tenggara.

BACA JUGA : Tempat Rafting Yang Seru 

Biaya Pembuatan Patung Kongco Kwan Sing Tee Koe atau Kongco Kwan Kong

Patung Kongco Kwan Sing Tee Koe atau Kongco Kwan Kong dibangun selama hampir 8 bulan menghabisdan dana sekitar kurang lebih 1,5 M. Namun, uang itu bukan berasal dari  pemerintah tetapi berasal dari donatur salah satu jamaah di klenteng Tuban tersebut.

donatur patung kwan kong tuban
donatur patung kwan kong tuban

Patung tersebut dibuat untuk meneladani panglima perang Kwang Kong yang hidup pada zaman San Guo (221-269 Masehi) sebagai seseorang yang ksatria dan pemberani.

Nah, bagi Anda yang lewat di kelenteng atau tempat ibadah tri darma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban bisa mampir untuk melihat kemegahan klenteng, di parkirannya kelneteng Anda akan melihat patung yang menjulang tinggi tersebut.

BACA JUGA : TEMPAT WISATA KELILING SUNGAI YANG MURAH

Semoga tulisan Patung Tertinggi Se Asia Tenggara Ada Di Tuban Indonesia dapat memberi manfaat bagi para pembaca.

barongsai terkecil
barongsai terkecil
patung kawan kong terletak di tuban
patung kawan kong terletak di tuban

 

7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *