Kerupuk Melarat Cirebon, Apakah Bikin Anda Mlarat Saat Memakannya?

Anda Suka? Klik atau Bagikan

Kerupuk Melarat Cirebon, Apakah Bikin Anda Mlarat Saat Memakannya?

Kerupuk Melarat Cirebon. Dari namanya saja sudah ngeri sekali. “Melarat” kalau di bahasakan Indonesia baku artinya adalah miskin banget ( heheheh, agak alay ya, tapai kenyataannya gitu artinya). Nah yang jadi pertanyaan, Apakah Anda sudah pernah mencobanya? Dan ketika mencobanya, apakah Anda menjadi melarat setalah itu? Tentu tidak kan kawan, itu hanya sebuah nama dan tidak akan jadi kenyataan.

Dari namanya saja sudah ngeri sekali. “Melarat” kalau di bahasakan Indonesia baku artinya adalah miskin banget ( heheheh, agak alay ya, tapai kenyataannya gitu artinya). Nah yang jadi pertanyaan, Apakah Anda sudah pernah mencobanya? Dan ketika mencobanya, apakah Anda menjadi melarat setalah itu? Tentu tidak kan kawan, itu hanya sebuah nama dan tidak akan jadi kenyataan.

Baca Juga :

Tetapi bisa juga jika anda makan krupuk melarat ini dan menjadi melarat benaeran loh. Lah kok bisa? Iya bisa dong, kalau Anda beli krupuk ini dalam jumlah yang banyak sampai menghabiskan uang yang Anda miliki semua ( hehehe, kayaknya kok msutahil).

Kerupuk melarat
Kerupuk melarat

Kita lanjutkan saja pembahasannya, ada apa dengan krupuk melarat?. Diartikel saya ini, akan membahas tentang sejarah krupuk melarat Cirebon, bedanya apa dengan kerupuk upil, cara membuat kerupuk melarat, berapa harga krupuk melarat. Dan dimana jual kerupuk melarat Cirebon  dan lain sebagainya.

Sejarah Kerupuk Melarat /Sejarah Kerupuk Melarat Cirebon

Mengapa dinamakan kerupuk melarat? Ceritanya begini kawan, kerupuk yang terkenal di daerah Cirebon, Jawa Barat pada awal kemunculanya/ saat pertama kali membuatnya situasi ekonomi sedang labil. Harga minyak goreng yang mahal membuat para pembuat kerupuk berfikir keras. Bagaimana bisa menghasilkan kerupuk tanpa mengeluarkan uang dengan membeli minyak goreng.
Nah, dengan sepenuh jiwa dan raya maka pembuat kerupuk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akhirnya membuat kerupuk yang digoreng dengan menggunakan pasir yang didapat dari sekitar rumah.
Situasi ekonomi yang sedang yang tidak mendukung para pembuat kerupuk itulah  akhirnya mereka menamai kerupuknya dengan sebutan “ Kerupuk Melarat”.
Tapi perlu diketahui, pasir yang dibuat untuk menggoreng tidak sembarang pasir, karena sudah terjamin kebersihannya.

Bedanya apa dengan kerupuk upil?

Lalu bedanya apa dengan kerupuk upil? Sebenarnya tidak jauh beda, hanya beberapa hal saja yang membedakannya. Antara lain ukurannya, ukuran kerupuk upil lebih kecil daripada kerupuk mlarat. Namanaya juga upil, pasti kecil banget kan, kalu besar ngak akan bisa masuk ke hidung hehehe.

Kemudaian dari warna, biasanya kerupuk melarat lebih ngejreng warnanya alias berawarna warni ( merah, putih, hijau dll) tetapi sekarang krupuk upil ada yang berwarna warni juga.

Dan yang pasti, karena perbedaan daerah membuat kerupuk yang sebenarnya sama bahannya tetapi dinamai dengan berbeda. 

Oh iya, krupuk ini biasanya dimakan dengan sambel misalanya sambel kacang, sambel rujak, sambel asam dll.

kerupuk melarat cirebon
kerupuk melarat cirebon (gambar: don-kusmargono.wordpress.com)

Cara Membuat Kerupuk Melarat/Resep Sambal Kerupuk Melarat

 Bahan-bahan:
• Tepung tapioka sesuai yang dibutuhkan
• 1,2 kg bawang putih
• 4 sendok garam
• Air secukupnya
Alat-Alat:
• Tampah
• Pisau
• Pengaduk
• Sendok

Cara Membuat Kerupuk Melarat:
  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan diatas tetapi sebelumnya haluskan bawang putih terlebih dahulu, campur semua dan aduk sampai merata.
  2. Setlah adonan selesai dibuat kalis, masukkan adonan pada sebuat cetakan yang berukuran 1 ½ cm x 2 ½ cm. Dan tuangkan air mendidih dalam adonan tersebut. 
  3. Saat melakukan proses tadi, biarkan tepung menjadi gumpalan seperti kanji yang mengental. Karena adona itulah yang akan dijadikab bahan kerupuk mlarat.
  4. Campur kanji tadi dengan sisa tepung yang tidak dicor. Buat seperti gelondongan. 
  5. Aduk kembali adonan tersebut sampai merata dan mengeras. Saat sudah mengeras, glondongan itu diiris tipis sesuai kemauan Anda.
  6. Letakkan hasil irisan itu di atas tampah atau tempat lainnya
  7. Jemur irisan tersebut sampai kering
  8. Kalau sudah kering, baru bisa digoreng dengan pasir sungai yang telah dibersihkan, sebelumnya pasir harus dipanaskan terlebih dahulu agar saat krupuk dimasukkan bisa mekar cepat. 
Harga Kerupuk Melarat

Berapakah harga krupuk ini, apakah bisa membuat anda mlarat hehehe. Ternyata harganya sangat terjangkau, satu bungkus sekitar 15 – 20 ribu saja. Cukup murah kan?

Jual Kerupuk Melarat Cirebon

Dimana krupuk ini dijual? Saat Anda masuk ke kota Cirebon, Anda akan menemui banyak penjual krupuk disepanjang jalan. Tetapi bagi Anda yang tidak sedang di kota ini, Anda bisa membelinya secara on-line. 
Banyak situs online yang menjualnya, mulai dari situs yang khusus menjual oleh oleh Cirebon atau situs jual beli yang sudah terkenal di Indonesia, misalnya : tokopedia. 

Dan saat ini, krupuk melarat sudah dikembangkan tidak hanya di Cirebon saja tetapi juga ada kerupuk melarat Bandung, Mojonekrto dan lain sebagainya.

Nah itulah sedikit ulasan saya tentang krupuk yang bikin mlarat ini hehe, bagi yang penasaran bisa membelinya jika sedang berkunjung di sana.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *