Ada Bis Dan Helikopter di Festival Bengawan Solo Bojonegoro 2017

Anda Suka? Klik atau Bagikan

Ada Bis Dan Helikopter di Festival Bengawan Solo Bojonegoro 2017

Di tengah terik matahari yang panas hari ini, tidak menyurutkan niat dan semangat para penonton (termasuk saya hahaha). Even yang digelar satu tahun sekali ini memberi daya tarik sendiri bagi masyarakat ditengah maraknya gaya plesiran wisata ke sana kemari. Nah, untungnya pemerintah kabupaten Bojonegoro memiliki ide cerdas untuk memberikan hiburan dan objek wisata gratis pada masyarakat yakni berupa festival bengawan solo Bojonegoro 2017.

Festival ini merupakan rangkain dari peringatan hari jadi Bojonegoro di tahun 2017. Festival bengawan Bojonegoro yakni sebuah parade perahu hias yang menyusuri bengawan solo dari area stat sampai finis yang memakan waktu sekitar 2-3 jam perjalanannya.

Dari info yang saya dapat, kalau festival bengawan solo 2017 akan dimulai pukul 09.00 WIB. Sejak pagi sudah berniat ingin melihatnya, walaupun suasana liburan membuat saya bangun pagi lebih berat ( kalu liburan biasanya pengennya santai, sholat subuh, glimbung-glimbung, makan hehehe).

 festival bengawan solo 2017
ada bis dan helikopter di festival bengawan solo 2017

Tapi karena even yang diadakan cuma setahun sekali, rugi rasanya jika saya melewatkan begitu saja. Akhirnya jam 09.15 saya bersiap-siap mandi dan sarapan terlebih dahulu pastinya. Oh iya, tempat stat nya di bendungan gerak Kalitidu Bojonegoro sedangkan finisnya di Taman Bengawan Solo (TBS) dekat pasar Bojonegoro.

Sebenarnya saya ingin melihat di tempat statnya saja. Karena di sana banyak sekali hiburan, selain festival bengawan di sana juga ditampilkan hiburan rakyat lainnya. Misalnya hiburan reog, panjat pinang dll. Tetapi, kembali lagi karena saya lagi malas bangun pagi alhasil saya memutuskan melihat di TBS saja yang dekat dengan tempat tinggal.( hahahaha)

Berangkat Ke Festival Bengawan Solo Bojonegoro 2017

Yup, akhirnya saya berangkat ke TBS. Dengan bermodal handphone dan kamera yang saya miliki, saya berharap bisa mengabadikan moment yang luar biasanya ini ( Mengapa saya anggap luar biasa? Karena tidak semua daerah yang dilalui sungai bengawan solo ini memanfaatkan nya sebagai tempat wisata atau hiburan rakyat. So, saya sangat mengapresiasi pemerintahan Kabupaten Bojonegoro ini).

Tibalah ditempat TBS (finis nya festival bengawan). Tetapi dari informasi panitia bahwa perahu masih lumayan jauh dari tempat finish. Alhasil kami duduk-duduk di tempat undangan bawah terup untuk menunggu kedatangan perahu, serta harus siap-siap bergeser tempat jika tempat duduk itu ditempati para undangan. ( hahahahaha, tamu tak diundang kok duduk di tempat VIP).

======================

Baca Juga : Wisata Susur Sungai Di Bojonegoro dan Festival Lampion Bojonegoro

============================

Beberapa jam kemudian sekitar jam 11 an perahu mulai terlihat batang hidungnya. Akhirnya para penonton yang awalnya duduk dibelakang tanpa dikomando langsung maju ke tepi bengawan dengan semangat. Mau tidak mau saya yang awalnya di belakang langsung ikutan maju ( saya ngak mau kalah lah, uda datang sejak tadi masak tak bisa menikmati perahu tapi malah dapat pemandangan punggung penonton). Ini nih yang saya tidak suka, sudah tahu dibelakang ada yang duduk eh…orang-orang pada seenaknya ambil posisi melihat didepan kami dan sambil berdiri lagi. Sebenarnya tidak apa-apa di depan tetapi hargailah orang yang duduk melihat dibelakangnya, yuks mulai belajar menghargai orang lain.

Peserta Festival Bengawan Solo Bojonegoro 2017

Singkat cerita, peserta yang mengikuti festival bengawan solo Bojonegoro 2017 sekiatr 32 pesert , yang terdiri dari instansi dan komunitas di Bojonegoro. Nah, ada yang ini peserta yang mengikuti. Mengapa unik? Karena konsep yang digunakan cukup kretaif. Misalnya :

Bis Di Atas Air

Ini yang mencuri perhatian banyak peserta, terutama anak-anak (buk-buk..ada bis yang jalannya di atas air? Hahahaha). Ramenya anak-anak disamping saya ini. Hehehe.

festival bengawan 2017 7
Travel Warrock Bojonegoro

Konsep bis ini ditampilkan oleh salah satu agen travel di Bojongeoro yaitu Warock Travel dan penyewaan bis dali mas. Ah, ini namanya kreatif.

Helikopter Jalan Di air

Selain bis, ikon hiasan ini juga menyita banyak perhatian penonton. Tak terkecuali anak anak dan dewasa. Hehehe.

festival bengawan 2017

Konsep ini yang berbeda dengan biasanya, mengapa tak biasa? Karena setahu saya hampir tiap tahun konsep yang dibawakan hampir mirip seperti ogo-ogo, kuda, ular dll.

Peserta Festival Bengawan Solo Bojonegoro 2017 Bengawan Lainnya

Selain di atas yang menurut saya memiliki ide keratif, ternyata masih banyak ide kreatif yang lainnya, misalnya di perahu diselinggi menari. Ada konsep petani zaman dahulu “ main seruling diatas kerbau”, ada konsep tempat wisata Di Bojonegoro, Ikon tempat terkenal di Bojonegoro dll.

Kalau vidio cuplikannya bisa dilihat di sini :

 

Untuk Lebih jelasnya, silahkan dinikmati jepretan foto saya. Mohon maaf jika jepretan saya kurang maksimal. Sebelumnya, saya berharap di agenda festival bengawan solo 2018 diikuti oleh lebih banyak peserta sehingga kami yang melihat lebih puas lagi. Selain itu, kami juga berharap yang ditampilkan juga memiliki konsep yang menarik atau ajakan khusus tersendiri. ( Maaf sepertinya kurang pas jika ajang begini dijadikan ajang minum-minum di dalam perahu).

Minitaur Jembatan di Bojonegoro

Ogo-Ogo

festival bengawan solo

Cerita Rakyat

festival bengawan solo

Tempat Wisata Di Bojonegoro

Wisata Kebun Blimbing
Wisata Kebun Blimbing

Kereta Kuda

festival bengawan solo

Tema Binatang

festival bengawan solo

Kayangan Api

festival bengawan solo

 

festival bengawan solo
Wayang Thwngul Kesenian Bojonegoro

Ikan Bengawan

festival bengawan solo

 

Tema Binatang 

festival bengawan solo

Instansi Pemerintah Bank Jatim 

festival bengawan solo

 

Itulah beberapa foto perahu hias dalam agenda kegiatan festival bengawan solo Bojonegoro 2017. Apakah hanya itu? Tidak, massih banyak peserta yang lain, hanya keterbatasan saya untuk mengupload di blog ini.

 

 

 

6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *