Ini Dia Ciri Air Bersih, Mudah Sekali Menentukannya

Anda Suka? Klik atau Bagikan

Ini Dia Ciri Air Bersih, Mudah Sekali Menentukannya

Air menjadi salah satu barang yang sangat berharga bagi kita, khususnya air bersih. Sehari saja kita tidak mendapatkan pasokan air bersih kita akan kebinggungan.

Saya sendiri pernah mengalami kekurangan air bersih. Saat itu tendon sudah saya isi penuh, namun apa daya ternyata kran air PDAM saya rusak, menyebabkan air tidak bisa masuk dalam rumah. Saya sudah berusaha dengan menyalakan mesin sedot air tetapi hasilnya tidak maksimal, hanya keluar beberapa tetasn saja. Bahkan saya juga pernah mengguinya sampai larut malam dan lagi-lagi hasilnya nol besar.

Dan jalan terakhir saja menghubungi PDAM setempat, selang beberapa jam petugas datang dan menyatakan jika kran saya rusak alias dol. Sehingga menghalangi aliran air dan tak bisa mengalirkan airnya. Mau tidak mau saya harus mengganti kran tersebut sekitar 125ribu rupiah.

BACA JUGA: NASI PECEL YANG MURAH DAN SEHAT

Alhamdulillah sekarang air sudah lancar dan saya berharap air mengalir ini terus saya dapatkan. Dan pastinya kita juga berharap air yang kita dapatkan juga memliki kanadungan yang baik atau airnya bersih. Nah, untuk mengetahui, air yang kita gunakan bersih atau tidak silahkan dibaca informasi berikut ini.

Ciri- Ciri air bersih yang harus kita ketahui agar keluarga tetap sehat.

danau air bersih
danau air bersih, sumber gambar :pxhere.com

1. Tidak Berkeruh

Ciri air bersih yang pertama yaitu air yang kita lihat tidak keruh. Air yang tidak keruh ini bagus untuk digunakan dalam keseharian, baik memasak, mandi, mencuci dan sebagainya.

Tetapi jika air air kita keruh maka itu suatu pertanda tidak sehat, dan sebenarnya air tersebut kemungkinan besar telah terkontaminasi oleh zat-zat lain di dalamnya.

Penyebab keruh bisa disebabkan adanya persinggungan dengan tanah maupun pasir atau juga bisa disebabkan oleh zat lain yang bisa berdampak menimbulkan kerugian bagi kita terutama untuk kesehatan.

Cara Deteksinya :

Kita bisa mendeteksi dengan menampung sedikit air pada tangan kita. Biarkan beberapa saat kemudian amatai, apakah ada sesuatu campuran/ keruh dalam air tersebut.

Jika kita kesulitan mengguanakan tangan, pakailah tempat yang bening agar terlihat jelas.

BACA JUGA : KONTRAKAN DAN SEWA RUMAH INVESTASI YANG MENJANJIKAN

2. Tidak berwarna

Selain air harus jernih ( tidak keruh), ciri air bersih selanjutnya adalah tidak berwarna. Warna yang terkandung dalam air dapat menandakan ada sesuatu yang tercampur di air tersebut dan adanya hal serius berbahaya.

Dan jika kita tetap gunakan terus menerus maka sangat merugikan bagi para penggunannya atau kita sendiri. Pencampuran warna dalam air ini bisa disebabkan oleh pencemaran oleh zat sisa ataupun limbah area pabrik ( Nah, hati-hati bagi Anda yang rumahnya disekitar pabrik, cek dengan rutin warna air yang digunakan).

Cara Deteksinya :

Kita bisa mendeteksi dengan menampung sedikit air pada tangan kita/ wadah yang tembus pandang. Biarkan beberapa saat kemudian amatai, apakah ada sesuatu campuran/ keruh dalam air tersebut.

Dan kriteria air bersih selanjutnya adalah

3. Tidak Berbau Tertentu

Air tergolong bersih sleanjutnya adalah normal tidak memiliki bau tertentu apalagi bau airnya yang menyengat..

Jika ada bau tertentu apalagi jika air yang kita gunakan tersebut berbau menyerupai bau dari suamenyengat dan asam maka sudah dapat dipastikan air tersebut tidak layak untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Karena air itu dapat membahayakan bagi para penggunanya.

Selain untuk kesehatan, ternyata air yang asam akan dapat merusak yang liannya, misalnya saat kita gunakan untuk memasak atau mencuci maka barang yang kita gunakan akan menjadi berkarat. Tubuh kita yang awalnya sehat akan menjadi iritasi karena kandungan keasaman air tersebut.

Cara Deteksinya :

Cara mengeceknya sangat mudah, silahkan ambil beberapa air dan gunakan indera penciuman kita .

Kita bisa mendeteksi dengan menampung sedikit air pada tangan kita/ wadah yang tembus pandang. Biarkan beberapa saat kemudian baulah air tersebut, pastikan lingkungan saat membaunya tidak ada bau menyengat lainnya. Misalnya bau detergen dll.

burung mandi dengan air bersih
burung mandi dengan air bersih, sumber gambar:pxhere.com

4. Rasa Air Tawar

Jika di atas air bersih bisa dilihat dengan mata, ciri selanjutnya adalah dengan cara merasakannya atau mencobanya. Air yang bersih memiliki rasa tawar atau normal. Air tersebut tidak ada tambahan rasa lain misalnya pahit, meninggalkan rasa getir pada indera penecap, asin dan seterusnya.

Air yang bersih seharusnya terbebas dari rasa apapun agar kita pengguna tidak merasakan akibatnya dikemudian hari.

Cara Deteksinya :

Kita bisa mendeteksi dengan menampung sedikit air pada tangan kita, kemudian jilak sedikit air dan rasakan, apakah rasa air tersebut tawar atau ada rasa lainnya yang tidak wajar dari biasanya. Untuk meyakinkan, bisa dicoba beberapa orang sehingga kita bisa memastikan air itu berasa atau tidak.

5. Airnya Bebas Endapan

Jika kita berbicara mengenai air bersih bisa dilihat dari kejernihan air maka tak akan terlepas dengan ada atau tidaknya endapan pada air tersebut. Air bersih selanjutnya bisa kita lihat dari endapan air pada bagian paling bawah.

Jika kita sudah memiliki air jernih namun ternyata terdapat unsur endapan di bagian bawah maka air tersebut belum mutlak dikategorikan sebagai air bersih apalagi air sehat.

Hal ini karena masih terdapat unsur pengeruh (unsur tidak sehat ) yang sewaktu-waktu dapat kembali tercampur bersama air tersebut untuk mencemari dan membahayakan.

Cara Deteksinya :

Cara mengeceknya sangat mudah, kita bisa mendeteksi dengan menampung wadah yang tembus pandang. Biarkan beberapa saat kemudian amati. Apakah ada endapan dipermukaan paling bawah wadah tersebut? Jika ada maka dapat dipastikan air tersebut tidak sehat.

6. Derajat keasaman dalam kategori aman

Untuk cara ini memerlukan alat tertentu, jika Anda tidak memiliki tidak apa-apa yang penting sudah melakukan cara diatas. Nah, sebagai informasi saja, air yang sehat memiliki derajat keasaman antara 6 – 8.

Jangan sampai kurang dari 6 dan jangan sampai lebih dari 8, jika kurang atau melebihi tersebut maka dapat mempengaruhi kesehatan kita.

7. Bebas zat kimiawi arsenik

Jika membahas mengenai zat kimiawi yang dapat mencemari air, yang artinya air tersebut belum bisa dikategorikan air bersih. Dan zat kimia yang dapat mencemari dan membahayakan tersebut adalah arsen dan sangta. Biasanya zat kimia tersebut dihasilkan dari pestisida yang digunakan oleh para petani dalam proses pengolahan di sawah atau kebun.

Selain arsen, beberapa bahan kimia yang mencemari air lainnya dan berbahaya. Misalnya nitrat, timbal, amoniak, sulfida, raksa atau paparan radioaktif disekitar lingkungan kita

Itulah beberapa ciri-ciri air bersih dan cara kita bisa mengetahuinya. Semoga kita dan keluarga mendapatkan air bersih yang dapat mencegah kita dari kemungkinan terburuk menimpa kita dikemudian hari.

Mari kita sayangi keluarga kita dimulai dari hal yang sangat sederhana dan sering kita gunakan, yaitu air.

Pertanyaan selanjutnya:

Dari mana sumber air bersih itu didapatkan? Air itu bisa didapatkan dari air sumber tanah, air hujan, sumber mata air tertentu, sungau atau PDAM dan masih banyak macam macam sumber air bersih. Dan contoh sumber air bersih terdekat dan sering kita pakai adalah air yang bersumber dari tanah.

Banyak orang mempertanyakan apasih air bersih itu? Mohon maaf untuk saat ini saya baru member informasi tentang ciri-cirinya dan cara menentukannya saja. Anda bisa mengetahui pengertian air bersih menurut para ahli atau pengertian air bersih menurut permenkes di internet. Karena jika saya membahas semuanya akan panjang tulisan ini hehehe.

Selain itu, diinternet sudah banyak juga yang membahas dan menjadikan dalam makalah air bersih dan air bersih pdf.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *