Buang Barang Ini Agar Rumah Minimalis Tetapi Bersih

Anda Suka? Klik atau Bagikan

Buang Barang Ini Agar Rumah Minimalis Tetapi Bersih.

rumah minimalis tetapi bersih
rumah minimalis tetapi bersih

Buang Barang Ini Agar Rumah Minimalis Tetapi Bersih. Semakin hari, sepertinya kamar dan rumah makin sempit saja. Padahal ukurannya tetap sama, tak makin menyusut dan tak pula melebar. Trus apa yang menyebabkan ini kamar dan rumah makin sempit ya… Setelah berfikir termenung ketemulah akarnya, yang lain dan tak bukan semua itu disebabkan oleh barang yang ku miliki makin banyak. Padahal impian kita adalah memiliki rumah minimalis tetapi bersih

Wajar saja lah, selama ini saya nambah barang terus, mulai dari nyetok panci, nyetok kardus, nyetok baju, nyetok kaos kaki dll. Setok yang selalu masuk dan tidak saya imbangi dengan mengeluarkannya membuat kamar dan almariku makin penuh saja. Oh ….nooooooooo.

Saya tidak membayangkan bagaimana satu bulan, dua bulan bahkan satu tahun kedepan kondisi rumah ini. Sebenarnya saya ingin membuang barang-barang yang tidak terpakai itu tetapi tidak tahu kenapa hatiku selalu ragu dan tangan ini berat untuk membuangnya hiks hiks.
Okey…sepertinya harus dipaksa, jika memang hati tidak tega kita ganti saja, jangan dibuang tapi kita kasihkan pada orang yang membutuhkannya saja.

BACA JUGA : 8 PELUANG BISNIS TAMPA MODAL BESAR
Nah, dari mana kita memulainya. Yuks kita mulai dari barang-barang berikut yang harus kita buang atau amankan dari rumah kita agar tidak makin sempit.

kamar minimalis
kamar minimalis

Buang Barang Ini Agar Rumah Minimalis Tetapi Bersih

Tapi jika kita mau bersih-bersih dan buang barang tersebut siapkan 3 tempat atau kardus yang digunakan untuk memilah nantinya.

  • 1 kardus untuk tempat barang-barang yang masih layak untuk didonasikan sehingga lebih bermanfaat daripada kita buang ke tempat sampah.
  • 1 kardus untuk tempat barang-barang yang masih dapat digunakan lagi dan sangat bermanfaat untuk kita. Tapi jika tidak begitu bermanfaat segera kasihkan yang lain saja atau di buang
  • 1 kardus untuk tempat barang-barang yang akan dibuang dan tidak bisa kita berikan pada orang lain

Dan inilah barang-barang yang perlu disingkirkan agar rumah minimalis tetapi bersih

1. Boks kardus benda-benda elektronik (misalnya handphone, televisi, DVD dan sebagainya). Di kamar ku ada kardus kipas angin yang tak terpakai hahaha….( Dibuang boleh atau di jual juga boleh)

2. Make up kadaluwarsa. Kalau yang ini Cuma dikit tidak masalah tapi kalau sudah banyak bisa menganggu make up Anda hahaha (Ini buang aja ya)

3. Majalah-majalah atau Koran bekas. Ini tidak harus dibuang bisa di jual kiloan ya

4. Prakarya zaman sekolah. Kenangan masa lalu kadang kita masih simpan agar kita selalu ingat zaman-zaman itu. Tapi kalau terlalu banyak juga kurang baik loh.

5. Kertas-kertas tagihan yang telah bertahun-tahun lalu. Kadang kita simpan ini untuk bukti, tetapi jika urusannya sudah selesai dan kuitansi itu tidak dipakai ada baiknya segera buang ya

6. Kaos kaki tanpa pasangan atau yang telah berlubang. Hahahaha ini aku banget. Banyak kaos kakiku yang hilang sebelah ngak tahu kemana, padahal waktu nyuci uda ditaruh sampingnya. ( kalu yang ini buang lansung tanpa piker ya)

7. Mug-mug dan cangkir hadiah pernikahan atau habis mengunjungi orang melahirkan (Nah untuk ini kita bisa mendonasikannya untuk panti asuhan atau digunakan di pantry kantor)

8. Buku-buku yang tidak dibaca lagi. Kita bisa donasikan ke sekolah atau orang yang membutuhkan

9. Disket dan CD-CD lama. Zaman dulu bermanfaat tapi kini sudah tidak lagi segera bersihkan ya.

10. Mainan-mainan yang sudah rusak. Yang punya anak pasti mainan ini menumpuk, hampir tiap hari anak kita minta mainan, maka mainan yang di dalam rumah sebaiknya kita keluarkan.

11. Obat-obatan kadaluwarsa

12. Kabel-kabel gadget yang sudah rusak dan yang tidak diperlukan lagi. 

13. Aksesoris yang tak dipakai lagi

14. Parfum dan cologne yang tak terpakai

kardus sepatu bekas

barang-barang yang perlu disingkirkan agar rumah minimalis tetapi bersih selanjutnya adalah ….

15. Tiket-tiket bioskop atau konser (jika kamu terlalu sentimentil untuk membuangnya, simpan pada satu toples khusus atau buatlah scrapbook untuk menyimpannya)

16. Baju-baju yang berukuran lebih kecil (jangan berpikir akan menggunakannya lagi jika berat badanmu sudah berkurang, melainkan jika kamu berhasil mengurangi berat badanmu belilah baju yang baru sebagai bentuk penghargaan diri).

17. Alat-alat tulis yang tak terpakai lagi (simpan yang menjadi favoritmu, donasikan yang masih bisa dipakai ke sekolah-sekolah terdekat)

18. Botol-botol sabun dan shampo yang sudah habis

19. Kabel-kabel dari benda yang sudah tidak dimiliki lagi

20. Kalender bekas dan undangan-undangan

21. Kardus-kardus bekas sepatu, sereal dan sebagainya.

22. Sampel-sampel kosmetik yang tak lagi dipakai

BACA JUGA : CARA FLASH HP OPPO YANG MUDAH BANGET

23. Gantungan kunci yang tidak pernah digunakan

24. Baterai-baterai bekas

25. Poster-poster yang tidak bermanfaat lagi. Dulu kan kita suka mengkoleksi poster artis hehehe. Atau poster kegiatan tertentu yang sudah lewat sebaiknya kita buang.

26. Kartu nama lama segera buang dan simpan di hp saja. (simpan dalam bentuk digital)

27. Pigura-pigura lama yang tak lagi terpakai, pigora yang sudah tidak layak di pasang kita buang saja.

28. Jilbab-jilbab yang kekecilan, atau yang tidak kita pakai lagi sebaiknya kita donasikan atau dibuang.

29. Pakaian dalam yang sudah tidak layak pakai segera amankan.

Prinsipnya adalah jika membeli sesuatu atau memasukkan barang yang baru kerumah maka kita harus mengeluarkan barang atau sesuai sehingga rumah tetap lebar.

Awalnya akan terasa berat untuk membuang semua barang yang pernah kita miliki. Jangan khawatir, karena dengan rumah yang bersih dari timbunan barang, kita akan merasa lebih lega dan hidup menjadi lebih mudah. Barang mana yang masih ada di rumah Anda yang bikin rumah makin sempit?

Atau adakah benda-benda yang ingin kamu tambahkan dari list di atas? Silahkan beri komentar di kolom komentar di bawah ini.

 

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *