Macam-Macam Perasaan

perasaan (feel)

PERASAAN APA YANG SERING MUNCUL DI DIRI KITA?

Tulisan ini saya buat dan saya share pada teman-teman dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan saya dalam memahami perasaan diri sendiri dan orang lain,semoga dengan tulisan ini saya bisa terpacu tidak hanya bisa menulis saja namun saya bisa berubah menjadi lebih baik.

Oke, saya siap untuk memulai. Awalnya kita akan membahas tentang PERASAAN terlebih dahulu. Perasaan diartikan sebagai pernyataan jiwa yang sifatnya subjektif untuk merasakan senang atau tidak senang. Kenapa dikatakan demikian?. Karena perasaan itu banyak dipengaruhi oleh keadaan pribadi seseorang.

Perasaan dalam ilmu jiwa umumnya berhubungan dengan gejala-gejala mengenal. Artinya perasaan itu akan timbul bila adanya proses mengamati, mengingat menghayal atau memikirkan sesuatu.

Macam – Macam perasaan:

Menurut L.C. T BIGOT membedakan perasaan sebagai berikut: (Silahkan baca baik-baik hehe)

  1. Perasaan Rendah (Jasmani/Biologis), dan dibagi menjadi 2 :
    1. Perasaan Indria , yaitu perasaan yang beruhubungan dengan alat indra kita. Misalnya asam,asin.
    2. Perasaan vital, Yaitu perasaan yang berhubungan dengan kondisi tubuh. Misalnya senang karena badannya sehat.
    3. Perasaan Luhur (Rohaniah))
      1. Perasaan Intelektual, Perasaan yan timbul berhubungan dengan kemampuan berpikir dalm memacahkan masalah. Misalnya :senang karena bisa menyelesaikan ujian.
      2. Perasaan keindahan, Perasaan seseorang karena dapat mengenal atau membedakan ana yang indah dan tidak.
      3. Perasaan kesusilahan, perasaan yang timbul karena kita menghayati dan kemudian berpendapat bahwa sesuatu tu baik atau buruk. Misalnya: Kita puas setelah elakukan kebaikan dan kita akan menyesal bila kita melakukan kesalahan. (Pakah kita sudah pernah merasakan ini?).
      4. Perasaan sosial, Perasaan bermasyarakat, saling mengikatkan diri anatar individu. Sehingga terjadilah adanya give and take. Dan perasaan sosial dapat dibagao menjadi 3 :
        1. Perasaan kebangsaan, yaitu perasaan cinta tanah air.
        2. Perasaan memikirkan diri sendiri dan orang lain.
        3. Perasaan terhadap masyarakat dan selalu ingin memberikan kebaikan untuk orang lain.
  2. Perasaan harga diri, ialah perasaan tentang tinggi rendahnya nilai diri seseorang. Dan ini juga dibagi menjadi 2 :
    1. Perasaan harga diri positif: Perasaan puas, bangga karena mampu berbuat kebaikan pada orang lain.
    2. Perasaan harga diri negatif: Perasaan kecewa karena iri terhadap keberhasilan orang lain.
  3. Perasaan kegamaan, ialah perasaan yang berhubungan dengan adanya keyakinan seseoarang terhadap tuhannya. Misalnya, adanya perasaan kagum terhadap kebesaran atas penciptaan-NYA.

Perasaan di atas seharusnya ada pada diri kita, dan kita semuanya perlu intropeksi diri,manakah perasaan yang sering muncul dan manakah perasaan yang jarang muncul. Tentulah kita berharap dapat memunculkan perasaan yang posisif sehingga dapat menjadikan hidup kita lebih tenang dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Perasaan akan menentukan nasib seseorang. Perasaan baik akan menibulkan kebaikan, perasaan yang jelek akan menimbulkan kehidupan yang jelek pula. Prinsip ini sama halnya dengan hukum fisika “aksi reaksi”.

 

 

====>> KOMENTAR DISINI <<<=====

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>